Wiranto Akan Sambangi Perbatasan Merauke Menko Polhukam Wiranto di Jakarta (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto berencana meninjau sejumlah proyek pembangunan yang ada di perbatasan Merauke, Papua.

"Rencana saya mau ke Papua untuk meninjau pembangunan perbatasan di Merauke sana. Sekaligus untuk melihat proyek-proyek yang sudah selesai kita resmikan," ujar Wiranto seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Polhukam, di Jakarta, Minggu (15/4).

Ia menyampaikan, pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki perhatian khusus terhadap pembangunan di daerah perbatasan Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. (Foto/polkam.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. (Foto/polkam.go.id)

"Agar ada pemerataan, agar infrastruktur di perbatasan dimanfaatkan betul untuk membangun daerah itu, untuk membangun perekonomian," ungkapnya.

"Sehingga, kalau ada yang bilang bahwa kita menelantarkan daerah perbatasan, itu salah besar, karna khusus saat ini pembangunan kita di daerah perbatasan," tuturnya.

Terkait rencana peninjauan pembangunan di Merauke, mantan Panglima TNI itu menuturkan kegiatan tersebut akan dilaksanakan bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Wiranto menjelaskan BNPP memiliki tugas dan fungsi sebagai badan yang mengkoordinir serta menyinkronkan berbagai pembangunan kantor kementerian dan lembaga di daerah pinggiran Indonesia.

Tugas itu, ujar dia, sesuai dengan nawacita yang digalakkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Supaya terarah, tidak tumpang tindih, efisien, efektif. Itu ada di sini (BNPP) tupoksinya. Sehingga setiap kita ingin ke perbatasan, meresmikan berbagai program, berbagai proyek, kita lihat dulu," tututr Menko Polhukam. (*)

Baca juga berita terkait di: Simpang Siur Kepulangan Habib Rizieq, Begini Keterangan Wiranto


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH