SEA Games 2021
Winner Winner Chicken Dinner, Indonesia Lolos ke Babak Final PUBG Mobile di SEA Games 2021 Berhasil unggul di game pertama Qualifier Team Mode. (Foto: [email protected] MOBILE Indonesia)

SETELAH meraih medali perak di mode Solo, tim esports PUBG Mobile Indonesia kembali unjuk gigi di SEA Games 2021, kali ini di mode Team. Wombo combo antara Ryzen dan Luxxy pun membawa Indonesia menang di game pertama Qualifier Team Mode.

Sekadar informasi, gelaran Qualifier Team Mode awalnya direncakan pada Rabu (18/5). Namun karena adanya perubahan teknis, pihak SEA Games menunda pertandingan menjadi Kamis (19/5) demi kualitas yang akan dijalankan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat 17 tim dari sembilan negara yang akan turun dari pesawat untuk bertempur di peta yang sudah ditentukan. Tim PUBG Mobile Indonesia terdiri dari dua tim, yakni Tim Merah Putih (Indonesia 1) yang digawangi Nizar 'Microboy' Lugatio Pratama, Sharfan 'Potato' Syahman, M Rizqie 'Katou' Habibulla, Eksa Rachman 'RedFace' Jayanto, dan Alan Raynold 'Satar' Kumaseh.

Sementara itu, Tim Garuda (Indonesia 2) berisi Febrianto Genta 'SVAFVEL' Prakasa, Muhammad 'Ryzen' Albi, Genta 'GenFos' Effendy, Made Bagus 'Luxxy' Prabaswara, dan Jason 'Jayden' Kurniawan. Urutan peta yang digunakan, yakni Erangel, Miramar, Sanhok, Erangel, dan Miramar.

Di game pertama dengan peta Erangel, para pemain dari setiap negara belum menunjukkan permainan yang agresif. Di menit-menit awal, para atlet fokus melihat gaya permainan dari masing-masing negara. Terlihat pula mereka bermain di dalam perairan, mulai dari bersembunyi di balik batu, di permukaan, hingga menyelam. Sayangnya, seluruh pemain di tim Indonesia 1 tertembak di menit pertengahan, menyisakan tim Indonesia 2.

Play Zone semakin mengecil, pertumpahan darah mulai berceceran. Suara tembakan para atlet sudah mulai mendominasi, salah satunya GenFos dari tim Indonesia 2. Permainannya terlihat begitu agresif dan beberapa kali menembak di atas batu secara bebas. GenFos juga menembaki 'ikan-ikan' di perairan tanpa memberi ampun sedikit pun.

Baca juga:

Tim E-Sports PUBG Mobile Indonesia Tampil Memukau di Mode Solo

Winner Winner Chicken Dinner, Indonesia Raih Kemenangan di Game 1 Qualifier Team Mode
Duel antara tim Indonesia 2 dan Kamboja. (Foto: [email protected] MOBILE Indonesia)

Tak hanya GenFos, Ryzen juga tidak memberikan kesempatan bagi atlet negara lain untuk menembaki satu timnya. Permainan semakin sengit di menit 27, menyisakan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Myanmar. Luxxy dan Ryzen yang masih bertahan pun memberikan kemenangan bagi Indonesia di game pertama.

Indonesia juga memimpin klasemen sementara di mode Team dengan total 27 poin, 12 eliminasi, dan 1.696 damage.

"Vietnam adalah musuh terbesar saya karena Vietnam mendapatkan peringkat terbaik di turnamen sebelumnya. Untuk qualifier hari ini ketika melihat musuh, kami lawan semuanya," kata Luxxy dalam sesi wawancara yang disiarkan langsung di Youtube PUBG MOBILE Indonesia.

"Terima kasih para supporter yang sudah mendukung tim kami, baik Indonesia 1 dan Indonesia 2 di PUBG Mobile ini, terima kasih juga orang yang ada di belakang ini seperti tim coaches dan semuanya karena saya sudah disempatkan bermain di SEA Games ini," lanjutnya.

Game kedua dimulai, pesawat mulai mengudara di langit Miramar menuju Los Higos. Baru sampai di sebuah gudang, pemain Myanmar 1 langsung menjatuhkan pemain Laos 2. Di sisi lain, tim Indonesia 2 menguasai wilayah Graveyard. Terlihat di mode Team ini, para tim dari masing-masing negara bermain berdekatan agar keberadaannya tidak diketahui musuh. Komunikasi memainkan peran penting dalam satu tim.

Baca juga:

Redface Pimpin Raihan Poin Indonesia di Nomor PUBG Mobile SEA Games 2021, ini Profilnya

Winner Winner Chicken Dinner, Indonesia Raih Kemenangan di Game 1 Qualifier Team Mode
Match Standings di game kelima. (Foto: [email protected] MOBILE Indonesia)

Luxxy memberikan kejutan dengan melakukan knock down terhadap Damaso, pemain dari Filipina 1. Di menit 15, tim Malaysia 1 menyisakan seorang Franky yang bermain defensif di balik mobil. Sangat disayangkan pula Ryzen harus tereliminasi oleh Play Zone. Misi balas dendam pun dilakukan GenFos terhadap NOAR 7 dari tim Laos 1.

Lemparan smoke membutakan vision lawan, para pemain pun harus mencari celah. Di menit 21, tim Indonesia 2 mendominasi dengan lima eliminasi dan tersisa dua pemain. Sayangnya posisi tersebut tidak bertahan lama. Namun, tim Indonesia 1 masih memberikan harapan. Katou dari tim Indonesia 1 yang tersisa, sempat mengadu tembakan dengan pemain Thailand 1.

Di menit 26, tersisa tiga negara yakni Thailand, Vietnam, dan tim Brunei 2 yang masih utuh dengan empat pemain. Winner Winner Chicken Dinner pun diamankan oleh tim Brunei 2.

Game ketiga dimulai, para pendukung Indonesia mulai menyemangati lewat kolom chat. Kali ini 17 tim bertarung di peta Sanhok. Sejauh tujuh menit berjalan, para atlet terlihat bermain aman dengan bersembunyi di berbagai sudut seperti rumput-rumputan dan rumah.

Di menit 25, tersisa tim Indonesia 1, Indonesia 2, Malaysia 1, Vietnam 1, da Brunei 1. Zona yang semakin menyempit membuat para pemain menampakkan dirinya secara perlahan. Alan dari Indonesia 1 yang sedang melakukan healing, tereliminasi oleh Play Zone. Tak lama setelah itu, Jayden dan Luxxy termakan oleh bom yang dilempar oleh tim Brunei 1. Game ketiga pun dimenangi oleh tim Malaysia 1.

Meski sempat tumbang, Luxxy menjadi Most Valuable Player (MVP) di game ketiga dengan total dua kill dan 597 damage.

Game keempat dimulai, kali ini kembali bermain di peta Erangel. First Blood masuk ke kantong tim Thailand 2 setelah menjatuhkan tim dari Malaysia 2. Di menit 15 terjadi duel di pepohonan antara Rybenlyl dari Brunei 2 dan GenFos. Kejadian itu pun dilihat oleh Ryzen dari kejauhan yang kemudian membantu GenFos menembaki Rybenlyl. Sayangnya GenFos yang sempat sekarat tidak mampu bertahan, sehingga tereliminasi dari game.

Pertempuran semakin seru di pertengahan game. Para atlet mulai memadati satu area dan menembaki dari jarak jauh, bahkan dari point of view yang ditampilkan, pemain Vietnam 1 dan Brunei 1 punya kesempatan untuk menembak secara bebas. Winner Winner Chicken Dinner, game keempat didominasi oleh Thailand 2.

Hari yang semakin gelap ternyata tidak menghilangkan semangat para pendukung. Para atlet juga kian memanas karena ingin timnya menyantap "ayam di makan malam". Terlihat pula mereka melakukan pemanasan dengan menggerakkan bahu dan leher.

Game kelima dimulai, pesawat yang membawa 17 tim terbang menuju Impala. Di menit-menit awal, terjadi duel antara Damaso dari Filipina 1 dan RedFace di dalam rumah. RedFace yang memberikan perlawanan pun terjatuh dan tereliminasi. Keberadaan Alan di balik pohon diketahui oleh dua pemain Malaysia. Alan pun tertembak saat dalam posisi sekarat.

Tim Kamboja nampak bermain begitu sangar di game kelima ini, mereka berhasil memulangkan Thailand 2. Tidak mau kalah, SVAFVEL dari Indonesia 2 double kill dengan menumbangkan dua pemain Vietnam 2. Tim Indonesia 2 bermain defensif dan tidak ingin melakukan banyak pergerakan. Mereka ingin para pemain lain yang datang menghampiri.

Duel maut terjadi di menit-menit akhir antara tim Kamboja dan Indonesia 2. Pemain Kamboja bahkan berkali-kali melemparkan granat ke arah lantai dua tempat persembunyian Indonesia 2. Winner Winner Chicken Dinner, tim Kamboja menang di game kelima.

Meski begitu, tim Indonesia 1 dan Indonesia 2 tetap berhasil lolos ke babak final untuk memperebutkan medali emas. (and)

Baca juga:

Perjalanan Panjang Alan Rebut Medali Perak PUBG Mobile Solo Mode SEA Games 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
AS Lakukan Uji Coba Robot Anjing untuk Menjaga Perbatasan Negara
Fun
AS Lakukan Uji Coba Robot Anjing untuk Menjaga Perbatasan Negara

Robot anjing yang dijuluki Ghost Vision 60 akan dimanfaatkan untuk menjaga perbatasan negara.

Serial Pangeran Harry dan Meghan Markle Rilis Trailer Pertamanya
ShowBiz
Serial Pangeran Harry dan Meghan Markle Rilis Trailer Pertamanya

Serial Harry & Meghan akan tayang di Netflix.

Penutupan Menawan Iwan Fals di Konser Trilogi 'Bertalu Rindu'
Hiburan & Gaya Hidup
Penutupan Menawan Iwan Fals di Konser Trilogi 'Bertalu Rindu'

Sukses tuntaskan janji konser trilogi.

Bike to Care 2023 Lombok Loop, Gowes untuk Masa Depan Anak-Anak Indonesia
Fun
Bike to Care 2023 Lombok Loop, Gowes untuk Masa Depan Anak-Anak Indonesia

Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak melalui olahraga sepeda.

Project Leonardo, Controller PlayStation 5 untuk Penyandang Disabilitas
Fun
Project Leonardo, Controller PlayStation 5 untuk Penyandang Disabilitas

Penyandang disabilitas bisa memainkan Playstation 5 semaksimal mungkin.

Ada Sayembara Rp 300 Juta Bila Bisa Kalahkan Tantangan di Gim 'Halo 2'
Fun
Mantra Vutura Merenung dalam 'aMakna'
Fun
Mantra Vutura Merenung dalam 'aMakna'

Duo pop elektronika Mantra Vutura kembali merilis lagu terbaru berjudul aMakna.

HUAWEI P50 Pro Siap Hadir 11 Februari 2022 untuk Pasar Indonesia
Fun
HUAWEI P50 Pro Siap Hadir 11 Februari 2022 untuk Pasar Indonesia

HUAWEI P50 Pro hadirkan pengalaman fotografi yang berbeda.

Bangga, Dewa United Wakili Indonesia pada ALGS Split 2 di Swedia
Fun
Bangga, Dewa United Wakili Indonesia pada ALGS Split 2 di Swedia

Tiga pemain Dewa United esports terbang ke Swiss akhir April 2022.

Berada dalam Kerumunan Bisa Sebabkan Kekurangan Oksigen
Fun
Berada dalam Kerumunan Bisa Sebabkan Kekurangan Oksigen

Orang-orang berdesakan dalam kerumunan dapat kekurangan oksigen hingga henti jantung.