Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba? Diberi nama Candy. (Foto The Verge)

MICROSOFT ternyata pernah menciptakan tema rahasia Windows XP dengan tampilan serupa Mac. Kabar tersebut diketahui dalam bocoran source code nan telah beredar dan beberapa tema belum dirilis perusahaan selama pengembangan XP awal pada 2000.

Baca juga: Microsoft Surface Book 3 Hadir dengan Spesifikasi Mutakhir

Mengutip laman The Verge, salah satu tema tersebut diberi nama Candy dan memiliki tampilan sangat mirip dengan Aqua Apple.

Aqua Apple kali pertama diperkenalkan di Macworld Conference & Expo pada 2000. Meskipun temanya tidak lengkap, tombol Star Windows XP dan berbagai tombol lainnya jelas mirip dengan tema Aqua milik Apple.

Microsoft
Tema Aqua milik Apple. (Foto S12 Pixels)

Microsoft tidak pernah merilis tema tersebut untuk Windows XP secara umum. Tema itu tampaknya dirilis untuk kalangan pengembang di tim Microsoft secara terbatas. Temanya sendiri dideskripsikan sebagai Whistler Skin With Eye Candy. Whistler merupakan sandi untuk sistem operasi Windows XP.

Microsoft menjadi terkenal berkat tema Luna biru dan hijau untuk versi terakhir XP yang dijuluki sebagai Fisher Price-Esque ketika OS awalnya dirilis pada 2001. Penggunaan sistem tema pada sistem operasi tersebut bisa dibilang perubahan besar jika dibandingkan sistem operasi sebelumnya.

Baca juga: Package Manager Microsoft, Berbasis Command Prompt Layaknya Linux

Microsoft mengembangkan Windows XP selama era persaingan ketat dengan Apple atas sistem operasi desktop. Di tahun 2000-an, Apple pernah membuat sindiran kepada Microsoft dengan segala produk rilisannya. Bahkan dalam sebuah konferensi, Apple mengeluarkan pernyataan cukup tajam, “Redmond, jalankan mesin fotokopimu.”

Microsoft
Perbandingan tema Apple dan Candy. (Foto The Verge)

Apple juga memiliki file 'Get a Mac' pada kelemahan Windows, terutama Windows Vista. Selama era 90-an dan 2000-an, Windows sangat dipengaruhi Mac OS klasik kemudian menjadi OS X. Apple juga meminjam beberapa fitur windows, terutama seputar windowing, navigasi, panel kontrol, dan folder browsing.

Hingga saat ini, pihak Microsoft belum memberikan komentar terkait tema Windows XP yang belum dirilis. (and)

Baca juga: Streamer Twitch Lakukan 16 Jam Penerbangan di Microsoft Flight Simulator


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH