Selebritas

William 'Captain James T. Kirk' Shatner Siap Berangkat ke Luar Angkasa

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 14 Oktober 2021
William 'Captain James T. Kirk' Shatner Siap Berangkat ke Luar Angkasa
Shatner akan menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa dalam peluncuran bersama Blue Origin. (Foto: forbes.com)

AKTOR Hollywood William Shatner akan menjadi orang tertua yang pergi ke luar angkasa. Itu akan terjadi saat dia ikut dalam peluncuran kapsul sub-orbital Blue Origin.

Pria berusia 90 tahun, pemeran Kapten James T Kirk dalam film dan serial TV Star Trek, mengatakan tidak sabar untuk melihat Bumi dari perspektif baru. Dia akan meluncur dari gurun Texas bersama tiga orang lainnya.

Baca Juga:

Berhasil ke Angkasa Luar, Jeff Bezos: Terima Kasih Amazon

seleb
Shatner akan bergabung dalam penerbangan bersama Audrey Powers, Chris Boshuizen, Glen de Vries, dan Dassault Systèmes. (Foto; cnet.com)

Perjalanannya dengan sistem roket, yang dikembangkan oleh pendiri Amazon.com Jeff Bezos, akan berlangsung sekitar 10 menit. Blue Origin menargetkan peluncuran pada 13 Oktober 2021 pukul 09:00 waktu setempat (15:00 WIB).

Shatner akan mengalami periode singkat tanpa bobot saat ia mendaki ke ketinggian maksimum tepat di atas 100 km. Dia juga akan dapat melihat kelengkungan Bumi melalui jendela besar kapsul. "Ada unsur mistik berada di luar angkasa dan lebih dekat dengan bintang-bintang serta mengalami kondisi tanpa bobot," kata bintang Kanada itu.

"Saya akan terpesona oleh pemandangan luar angkasa. Saya ingin melihat bola dunia itu dan menghargai keindahan dan kekuatannya," ujarnya seperti diberitakan BBC (13/10).

Shatner akan bergabung dalam penerbangan bersama Audrey Powers, wakil presiden Blue Origin; Chris Boshuizen, yang ikut mendirikan perusahaan satelit pencitraan Bumi Planet; dan Glen de Vries, seorang eksekutif di perusahaan perangkat lunak perawatan kesehatan Prancis, Dassault Systèmes.

Baca Juga:

Jeff Bezos ke Luar Angkasa Bareng Pilot Perempuan Lansia

seleb
Shatner muda ketika berperan sebagai Kapten James T. Kirk dalam film dan serial TV 'Star Trek'. (Foto: winteriscoming.net)

Mereka telah diberikan pelatihan selama beberapa hari, meskipun tidak ada yang benar-benar penting untuk mereka lakukan selama penerbangan selain menikmatinya. Sistem roket dan kapsul, yang dikenal sebagai New Shepard, sepenuhnya otomatis.

Direktur penerbangan Blue Origin Nicholas Patrick mengatakan, empat orang itu bagaimanapun perlu tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

"Pelatihan ini juga mengajari kru bagaimana berperilaku di Zero G; bagaimana bergerak di sekitar kabin tanpa menabrak satu sama lain atau menendang satu sama lain; pegangan tangan apa yang digunakan; hal-hal yang dapat mereka harapkan dan tanggapan mereka terhadapnya," jelas mantan astronot NASA kelahiran Inggris itu.

Ini akan menjadi tamasya kru kedua untuk New Shepard. Yang pertama, pada 20 Juli, membawa Bezos, saudaranya Mark, remaja Belanda Oliver Daemen; dan penerbang terkenal Wally Funk.

Baca Juga:

Penjelasan untuk Pertanyaan Seputar Wisata ke Angkasa Luar

seleb
Blue Origin yang akan membawa William Shatner ke luar angkasa. (Foto: CNN)

Setelah itu, Funk, yang berusia 82 tahun, dapat mengklaim rekor sebagai orang tertua di luar angkasa, gelar yang sekarang akan dia lepaskan kepada Shatner, dengan asumsi misinya berlalu tanpa insiden dan dia berada di atas atmosfer bumi.

Peluncuran ini dilakukan di tengah klaim bahwa Blue Origin memiliki budaya kerja yang tidak sehat dan gagal mematuhi protokol keselamatan yang tepat. Tuduhan sebagian besar anonim yang dibuat oleh mantan karyawan dan sekarang telah dibantah keras.

"Itu bukan pengalaman saya di Blue," balas Audrey Powers, yang bertanggung jawab atas operasi misi dan penerbangan, "Kami sangat teliti, dari awal hingga sekarang karena kami telah memulai penerbangan manusia kami. Keselamatan selalu menjadi prioritas utama kami."

William Shatner mungkin orang pertama yang beralih dari ruang angkasa versi Star Trek ke dunia nyata, tetapi para astronot NASA melakukan perjalanan sebaliknya. Mae Jemison muncul di episode reboot TV Star Trek: The Next Generation, sementara Mike Fincke dan Terry Virts muncul di episode terakhir Enterprise, seri prekuel Star Trek. (aru)

Baca Juga:

Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar

#Sains #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan