Headline

Wilayah Terdampak Luas, Basarnas Sulit Masukkan Alat Berat

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 05 Oktober 2018
Wilayah Terdampak Luas, Basarnas Sulit Masukkan Alat Berat
Petugas Basarnas membawa mayat korban gempa dan tsunami. Foto: @Sutopo_PN

Merahputih.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyatakan wilayah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah yang luas menjadi salah satu kendala proses pencarian dan pertolongan.

"Selain itu, tim pencarian dan pertolongan juga kesulitan memasukkan alat berat ke lokasi bencana karena akses menuju ke sana terputus," kata Kepala Biro Perencanaan Basarnas, Abdul Haris di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (4/10).

Haris mengatakan aliran listrik yang terbatas juga menjadi kendala tersendiri. Untuk melakukan pencarian dan pertolongan, tim gabungan hanya mengandalkan pasokan listrik dari generator set.

Kerusakan akibat Gempa yang terjadi Jumat (28/9) kemarin. Foto: Twitter/ @Sutopo_PN

Meskipun menghadapi beberapa kendala, personel Basarnas bersama potensi SAR terus mengupayakan melakukan pencarian dan pertolongan.

"Total personel kami 477 orang, dengan rincian 295 orang dari Basarnas dan Kantor SAR dari Palu, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Kendari, Gorontalo dan Manado, serta 182 potensi SAR dari Jakarta dan berbagai kantor SAR," jelasnya dikutip Antara.

Dengan kekuatan itu, personel Basarnas dan potensi SAR telah berhasi menyelamatkan 86 orang dan mengevakuasi 442 korban meninggal dunia. (*)

#Gempa Palu #Gempa Bumi #Basarnas
Bagikan
Bagikan