WHO Tetapkan Kecanduan Main Gim Sebagai Penyakit

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 30 Mei 2019
WHO Tetapkan Kecanduan Main Gim Sebagai Penyakit
Ilustrasi bermain gim (Sumber: Pixabay/Chanzj)

DI era perkembangan digital yang semakin pesat, gim memang menjadi masalah serius. Banyak anak muda tak bisa lepas dari kebiasaan ini. Alhasil banyak orang tua khawatir dan berusaha menjauhkan anaknya dari gim.

Nah, dilansir dari Antaranews, belum lama ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan sebuah pertemuan. Hasilnya, WHO menetapkan kalau kecanduan gim adalah sebuah penyakit modern.

Gip Pokemin Go (Sumber: Pixabay/Mimzy)
Gip Pokemin Go (Sumber: Pixabay/Mimzy)

Salah satu perwakilan WHO, Tarik Jasarevic mengatakan kalau penetapan ini didasari dengan sejumlah peninjauan dan bukti. Selain itu terdapat juga persetujuan umum dari para ahli di seluruh dunia.

"Pola perilaku main game ditandai dengan gangguan kontrol, menomorsatukan gim dibanding tanggung jawab yang lain dalam kehidupan sehari-hari, termasuk sekolah, bekerja dan memenuhi janji-janji sosial," katanya.

Menurut para ahli WHO, perilaku bermain gim tidak bisa disamakan dengan penggunaan internet, media sosial, judi darling dan belanja online. Tidak ada data yang cukup kalau ketergantungan selain gim adalah perilaku kecanduan.

kecanduan gim menjadi salah satu penyakit (Sumber: Pixabay/ArtificialOG)
kecanduan gim menjadi salah satu penyakit (Sumber: Pixabay/ArtificialOG)

Hanya saja dalam pertemuan tersebut, tak semua peneliti sepakat kalau sering main gim merupakan bentuk kecanduan. Salah satunya peneliti bernama Michelle Carras. Menurutnya, sering bermain gim, hanya berdampak meghabiskan waktu, sama halnya dengan aktivitas lain seperti penggunaan internet.

Daripada memilih gim, Carras dan yang lainnya mendukung gagasan yang lebih luas yangki ketergantungan teknologi secara umum. Karena ada beberapa kesamaan yang ada pada pengguna internet, media sosial dan gim.

#Game Online #WHO
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan