Kesehatan
WHO Meminta Masyarakat untuk Menghindari Perawatan Gigi Rutin Selama Pandemi Layanan gigi secara global telah terganggu. (Foto: Unsplash/Michael Browning)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat mempertimbangkan penundaan perawatan gigi rutin dan kasus yang tidak terlalu darurat sampai tingkat penularan COVID-19 menurun. Dikhawatirkan semprotan aerosol dari mulut pasien akan memberikan dampak buruk bagi sekelilingnya termasuk dokter gigi.

WHO mengatakan sedang menyiapkan panduan bagi dokter gigi tentang cara meminimalkan risiko penularan selama pandemi ini.

Baca juga:

Menarik Masker Wajah ke Dagu, ini Risikonya

1
Meminimalkan aerosol sebagai salah satu jalur penularan COVID-19. (Foto: Unsplash/Yusuf Belek)

Dilansir laman Science Alert bahwa saat ini layanan gigi mulai dilanjutkan di banyak negara. Beberapa prosedur dapat dilakukan dengan cara meminimalkan aerosol, atau tetesan mikro yang melayang di udara.

WHO menyarankan agar perawatan kesehatan mulut non-esensial rutin yang biasanya mencakup pemeriksaan kesehatan mulut, pembersihan gigi dan perawatan pencegahan, agar ditunda sampai tingkat penularan COVID-19 dari penularan komunitas ke kasus kluster menurun.

WHO menyebutkan bahwa hal yang sama berlaku untuk perawatan gigi estetika. Namun, intervensi perawatan kesehatan mulut yang mendesak atau darurat seperti menjaga fungsi mulut seseorang, sakit yang parah atau mengamankan kualitas hidup tetap berlaku.

Baca juga:

Penanak Nasi Efektif Bersihkan Masker Wajah?

2
Dokter gigi berisiko tinggi terpapar virus. (Foto: Unsplash/Peter Kasprzyk)

WHO mengatakan bahwa jika memungkinkan, pasien harus diskrining secara terpisah sebelum melakukan janji. Organisasi itu juga mengatakan dokter gigi memiliki risiko tinggi terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Prosedur mereka melibatkan komunikasi tatap muka dan sering terpapar air liur, darah, dan cairan tubuh lainnya serta penanganan peralatan tajam. Akibatnya, mereka berisiko tinggi terinfeksi SARS-CoV-2 atau menularkan infeksi kepada pasien, demikian WHO menyebutkan.

Ini terjadi pada prosedur penghasil aerosol (AGP) termasuk pembersihan gigi dengan scaler dan pemolesan ultrasonik, bekerja dengan handpiece berkecepatan tinggi atau rendah, pencabutan gigi dengan operasi, dan penempatan implan.

Panduan tersebut mencantumkan cara-cara di mana gigi tiruan yang rusak dan peralatan ortodontik, serta karies gigi yang luas, dapat dirawat sambil meminimalkan atau menghindari AGP.

Benoit Varenne dari WHO mengatakan bahwa penyakit mulut adalah beban kesehatan yang terabaikan di banyak negara, mempengaruhi orang sepanjang hidup mereka.

"Di tingkat global, perkiraan terakhir yang tersedia menunjukkan 3,5 miliar orang terkena penyakit mulut. Karies gigi yang tidak diobati pada gigi permanen adalah kondisi kesehatan yang paling umum pada manusia," jelas Varennee.

Dia mengatakan, dalam sebuah survei sebanyak 75 persen negara anggota WHO menyebutkan bahwa layanan gigi terganggu seluruhnya atau sebagian selama pandemi berlangsung. Varenne prihatin pada ketersediaan alat pelindung diri bagi dokter gigi yang bekerja selama pandemi. (lgi)

Baca juga:

Mengejutkan, Balita Lebih Berpotensi Menularkan COVID-19

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menakjubkan, inilah Gambar Terbaik Bumi dari Angkasa Luar
Fun
Menakjubkan, inilah Gambar Terbaik Bumi dari Angkasa Luar

Memperlihatkan beberapa fenomena alam terjadi di Bumi.

Data Pribadi 16 Juta Pasien COVID-19 Terekspos Secara Online
Fun
Data Pribadi 16 Juta Pasien COVID-19 Terekspos Secara Online

Belasan Juta data Pasien COVID-19 di Brasil Terekspos Secara Online.

Rayakan Valentine, Restoran Burger di Thailand Buat Menu Versi BLACKPINK
Fun
Rayakan Valentine, Restoran Burger di Thailand Buat Menu Versi BLACKPINK

Burger BLACK AND PINK, makanan tersebut sebenarnya bagian dari kampanye hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

Ceritanya tak Pasaran, ini 3 Drama Korea Terbaik 2020
Fun
Apa Yang Akan Terjadi Jika Boneka Annabelle Betulan Kabur?
Fun
Kumis Mario ala Harry Styles
ShowBiz
Kumis Mario ala Harry Styles

Ada kumis impresif di wajahnya.

Eksterior Asus ROG Zephyrus G14 Berhasil Menarik Perhatian Lewat 1,215 Lampu LED
Fun
Eksterior Asus ROG Zephyrus G14 Berhasil Menarik Perhatian Lewat 1,215 Lampu LED

lampu LED ini bisa menampilkan waktu, visualisator musik, GIF, atau logo bergerak lainnya sesuai keinginanmu.

Dirilis Tiga Samsung Seri A
Fun
Dirilis Tiga Samsung Seri A

Samsung Electronics Indonesia telah secara resmi meluncurkan tiga ponsel seri A barunya, yakni Galaxy A32, Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Jaga Jarak Sosial, Bar Ini Pasang Pagar Listrik
Fun
Jaga Jarak Sosial, Bar Ini Pasang Pagar Listrik

Jangan minum berlebihan, nanti kesetrum.

Rima Cerdas Sarat Makna Persembahan Laze di ‘Puncak Janggal’
ShowBiz
Rima Cerdas Sarat Makna Persembahan Laze di ‘Puncak Janggal’

Laze kembali dengan album baru bertajuk Puncak Janggal.