WHO: Dia Tidak Bosan dengan Kita, Jadi Tetap Waspada!

Thomas KukuhThomas Kukuh - Jumat, 13 November 2020
WHO: Dia Tidak Bosan dengan Kita, Jadi Tetap  Waspada!
Pemimpin WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Reuters/Antara)

MerahPutih.com - Perlawanan terhadap virus COVID-19 masih berlangsung. Beberapa negara terus mengembangkan vaksin untuk mencegah virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut. Namun organisasi kesehatan dunia (WHO) meminta agar masyarakat tak lengah terhadap virus tersebut.

“Kita harus tetap waspada dan terus melakukan tindakan pencegahan seraya dunia menunggu sebuah vaksin,” kata pemimpin (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kamis (12/11) seperti dilansir Reuters.

Menurut data WHO, hampir setahun pandemi, lebih dari 1,2 juta orang meninggal. Perekonomian babak belur dan kegiatan sehari-sehari terbalik di seluruh dunia. Kata Tedros, sejatinya mengandalkan vaksin yang belum terbukti namun menjanjikan merupakan taruhan berisiko.

Baca Juga:

Diterpa Isu Miring, Berikut Tanggapan Relawan Vaksin COVID-19

"Kita mungkin lelah dengan COVID-19, namun dia (COVID) itu tidak bosan dengan kita,” ujarnya. Negara-negara sedang berjuang mengembangkan vaksin. Namun virus tidak berubah secara signifikan juga.

Vaksin
Simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Kemunculan kembali infeksi COVID-19 baru-baru ini menyebabkan banyak negara mengadopsi langkah penguncian lanjutan. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus sekaligus melindungi sistem kesehatan mereka.

Baca Juga:

Diplomasi Vaksin COVID-19 Ala Indonesia

Pada Senin produsen obat Pfizer (Amerika Serikat) dan mitra BioNTech (Jerman) mengklaim bahwa vaksin yang sedang mereka kembangkan 90 persen ampuh melawan COVID-19. Hal itu berdasarkan hasil awal dari uji tahap akhir berskala besar.

Namun, lanjut Tedros, hasilnya perlu dikonfirmasi oleh data keamanan. "Sebuah vaksin dibutuhkan segera. Namun kita tidak dapat menunggu sebuah vaksin dan kita tidak bisa memusatkan semua upaya dan sumber daya hanya pada satu saja," kata dia

#Obat Covid #COVID-19 #WHO
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan