WHO: Anak 12 Tahun ke Atas Harus Gunakan Masker seperti Orang Dewasa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 24 Agustus 2020
WHO: Anak 12 Tahun ke Atas Harus Gunakan Masker seperti Orang Dewasa
Seorang pria membawa anak-anak di sebuah jalan di Hanoi, Vietnam, Senin (27/7/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kham/pras/djo.)

MerahPutih.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan anak berusia 12 tahun ke atas harus menggunakan masker seperti orang dewasa untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19, sedangkan anak usia 6 - 11 tahun harus menggunakan masker dengan prosedur berbasis risiko.

Anak-anak berusia 12 tahun ke atas secara khusus harus menggunakan masker ketika menjaga jarak minimal satu meter dengan yang lainnya, menurut dokumen WHO dan Badan Anak-anak PBB (UNICEF) di situs WHO bertanggal 21 Agustus.

Baca Juga:

Seorang Polisi Dipecat Setelah Menyetrum Perempuan Kulit Hitam Ketika Penangkapan

Apakah anak-anak usia 6-11 tahun harus menggunakan masker, hal itu tergantung pada sejumlah faktor, seperti intensitas penularan di area tersebut, kemampuan anak untuk menggunakan masker, akses mendapatkan masker, dan pengawasan orang tua yang memadai, kata kedua organisasi PBB itu.

Potensi dampak pada pembelajaran dan perkembangan psikososial, serta interaksi anak dengan orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, juga harus menjadi dasar pertimbangan.

Ilustrasi - Kasus COVID-19. (Dok Antara)
Ilustrasi - Kasus COVID-19. (Dok Antara)

Anak-anak berusia di bawah lima tahun tidak diharuskan menggunakan masker berdasarkan keamanan dan keinginan sepenuhnya dari anak, lanjut mereka.

Riset menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih tua berpotensi memiliki peran yang lebih aktif dalam penularan COVID-19 ketimbang anak-anak yang lebih muda, kata WHO dan UNICEF.

Baca Juga:

Sah Demokrat Usung Biden Lawan Trump, Duetnya Cawapres Pertama Keturunan Hindia

Keduanya mengatakan perlu lebih banyak data untuk memahami lebih baik peran anak-anak dan remaja dalam penularan corona jenis baru, virus yang menyebabkan COVID-19.

WHO pertama kali mengimbau masyarakat agar menggunakan masker di depan publik pada 5 Juni guna membantu mengurangi penyebaran virus corona, namun terlebih dahulu belum mengeluarkan pedoman spesifik untuk anak-anak.

Sejak pertama kali muncul di China tahun lalu, virus corona telah menjangkiti lebih dari 23 juta orang di dunia dan menyebabkan 798.997 orang meninggal, menurut hitungan Reuters. (*)

Baca Juga:

Kota Wuhan Gelar Pameran Mobil Terbesar sejak Di-lockdown

#WHO #Masker
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan