White Ops Menemukan 100 Aplikasi Berbahaya Jangan sembarangan mendolot aplikasi. (Foto: Pixabay/4547))

PENGGUNA android sudah seharusnya lebih memperhatikan kalau hendak mendolot aplikasi. Tidak semua aplikasi memberikan kegunaan bagi operasional ponsel. White Ops memperingatkan ada lebih dari 100 aplikasi berbahaya yang berisikan iklan palsu. Mereka menghimbau agar segera menghapusnya dari ponsel.

White Ops membeberkan daftar aplikasi yang membahayakan ponsel pada situsnya. Celakanya aplikasi-aplikasi itu sudah didonlot oleh jutaan pengguna android. Mereka menemukan semua aplikasi itu memiliki kode paket bernama Soraka, Aplikasi itu memiliki kode-kode yang menarik iklan-iklan yang muncul dalam kondisi tertentu di gawai seseorang.

Baca Juga:

ByteDance Bantah Rumor TikTok Ingin Dijual Karena Tekanan AS

aplikasi
Ada lebih 100 aplikasi yang membahayakan ponsel kamu. (Foto: Pexels/Pixabay)

Menurut laman Mirror, pengguna android berusia muda mungkin sudah paham dengan aplikasi seperti ini. Namun pengguna yang lebih dewasa tidak mengerti dan paham keberadaan iklan-iklan itu. Google juga memperingatkan kalau para penipu yang bersembunyi di balik iklan-iklan palsu itu mentargetkan para orangtua.

Google juga membuka kalau penipu-penipu ini memang sangat pintar bersembunyi di balik aplikasi-aplikasi itu. Bahkan menurut White Ops, karena kepintarannya bersembunyi agak menyulitkan untuk menemukan mereka.

John Laycock dari White Ops mengatakan dalam wawancaranya pada Forbes, menyebutkan mereka pintar menyembunyikan diri dari pantauan orang. Mereka memiliki taktik dengan memperlambat diri tidak menggebu-gebu menjaring mangsanya. Perilaku mereka berbeda dengan sebelumnya, ini yang membuat sulit terdeteksi. (psr)


Baca Juga:

3 Inovasi Teknologi Mutakhir yang Akan Datang di 2020

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH