Whisky Dicampur Air? Apa Gunanya?

P Suryo RP Suryo R - Senin, 18 September 2017
Whisky Dicampur Air? Apa Gunanya?
Whisky yang dicampur air sudah umum dilakukan untuk menurunkan kadar alkohol. (Foto: stocksnap)

PENCAMPURAN air ke dalam whisky sangat umum dilakukan. Gunanya adalah untuk menurunkan tingkat alkohol yang terkandung di dalam whisky. Tingkat alkohol whisky yang ada dalam tong penyimpanan biasanya mencapai 60%-65% abv. Tingkat kadar alkohol biasanya disebut dengan istilah alcohol-by-volume (abv).

Pencampuran whisky dengan air sangat umum dilakukan karena alasan ekonomis. Dengan begitu whisky dapat diproduksi dengan biaya murah dan diterima oleh penikmatnya. Di samping itu ada regulasi di beberapa negara yang menetapkan tingkat alkohol tidak melebihi 40% abv.

Selain menurunkan kadar alkohol, ternyata menambahkan air pada whisky memunculkan aroma baru yang relatif disukai orang. Ini yang kemudian membuat produsen whisky berpikir tentang bisnis baru. Alhasil kemudian memunculkan banyak whisky dengan aneka aroma.

Proses penambahan air ini tidak pernah dilakukan sebelum abad 20. Whisky disajikan murni langsung dari penyulingan.

Pada tingkat konsumen whisky yang sudah dicampur air itu masih ditambah lagi dengan air untuk membangkitkan aroma-aroma tertentu. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan batu es dalam gelas whisky. (psr)

#Whisky Spirit #Minum Alkohol #Air Putih
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan