WhatsApp Ujicoba Aplikasi Pencari Gambar, Bisa Untuk Cegah Hoaks WhatsApp ujicoba fitur baru yang canggih (Foto: pixabay/webster2703)

SALAH satu aplikasi chat paling populer di dunia adalah WhatsApp. Kini mereka sedang menguji sebuah fitur baru pada saluran beta, sebelum meluncurkannya untuk umum.

Fitur baru tersebut bernama Reverse Image Search, alias pencarian terbalik. Bisa memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian gambar. Dalam kata lain untuk mendeteksi asli atau tidaknya gambar yang dikirim lewat percakapan.

Reverse image search tersebut, sebetulnya ialah mengunggah gambar ke layanan Google Search. Guna menelusuri asal muasal dari gambar tersebut.

Fitur baru tersebut bisa mencegah hoaks (Foto: pixabay/terovesalainen)

Seperti yang dilansir dari laman GSMarena. Fitur baru itu memiliki mekanisme sederhana. Dimana pengguna bisa mengunggah gambar yang dikirim lewat percakapan dengan layanan google search.

Nantinya google akan menampilkan hasil, apakah gambar itu sebelumnya sudah pernah diunggah atau tidak.

Fitur reverse image tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah informasi palsu atau hoaks. Khususnya di negara-negara yang penduduknya banyak menggunakan WhatsApp.

Tampilan fitur baru whatsapp (Foto: gsmarena)

Cara menggunakan fitur baru dari WhatsApp itu pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyentuh dan menahan gambar yang terdapat pada percakapan. Setelah itu akan muncul menu pop-up di gambar tersebut.

Setelah itu akan muncul menu, lalu pilih search images. Nantinya secara otomatis gambar yang kamu pilih itu akan dicari lewat halaman google search.

Fitur reverse image search itu tengah diuji coba di WhatsApp Beta 2.19.73 untuk Android. Untuk para pengguna WhatsApp yang ingin mencobanya, bisa mengunduh update terkait lewat Google play Beta Program. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya WhatsApp Perkuat Sistem Keamanan Aplikasi Pembayaran

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH