Whatsapp Tambah Fitur untuk Jaga Percakapan Pengguna

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 01 Desember 2023
Whatsapp Tambah Fitur untuk Jaga Percakapan Pengguna
Fitur kode rahasia untuk buka chat WhatsApp. (Foto: Rachit Tank/Unsplash)

WhatsApp memperkenalkan tambahan perlindungan kata sandi guna menjaga kerahasiaan percakapan penggunannya. Adalah fitur bernama convenience of locked chats (kenyamanan obrolan terkunci), alat privasi terbaru berfokus pada penggunaan kode rahasia.

Kini, pengguna dapat mengonfigurasi kode sandi unik untuk setiap obrolan, mencegah akses ke WhatsApp jika seseorang berhasil membuka ponsel pengguna.

Menurut laporan Slashgear, semua percakapan yang dilindungi oleh kode rahasia akan disembunyikan dari daftar utama percakapan pengguna. Hanya ketika pengguna memasukkan kode rahasia pada bilah pencarian di bagian atas, percakapan tersebut akan muncul.

Baca juga:

WhatsApp akan Berikan Opsi untuk Mematikan Fitur Pesan Video Instan

Semua percakapan yang dilindungi oleh kode rahasia akan disembunyikan. (Foto: Christian Wiediger/Unsplash)

Fitur ini bersifat opsional. Pengguna dapat memilih untuk tetap menampilkan percakapan yang dilindungi oleh kode ini di halaman beranda percakapan. Demi meningkatkan kemudahan privasi, pengguna dapat menyembunyikan percakapan baru di balik kode dengan menekan lama pada bilah obrolan dalam daftar percakapan.

Fitur kode rahasia telah mulai diperkenalkan kepada pengguna WhatsApp melalui saluran stabil. Uggahan di blog WhatsApp menyatakan bahwa kode rahasia akan tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Untuk mengaktifkan kode rahasia pada percakapan WhatsApp, langkah pertama yang perlu pengguna lakukan adalah mengaktifkan fitur kunci obrolan.

Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya: Pertama, buka WhatsApp dan tekan yang lama pada chat (obrolan). Kedua, setelah memilih sebuah obrolan, ketuk ikon tiga titik untuk membuka menu option. Ketiga, pada menu pilihan, pilih lock chat. Keempat, verifikasi dengan kata sandi kunci layar ponsel atau autentikasi menggunakan sidik jari atau face id.

Baca juga:

WhatsApp Luncurkan Fitur Login dengan Passkey di Android

Mengaktifkan kunci obrolan di satu perangkat tidak akan berdampak pada perangkat lain. (Foto: Dimitr Karastelev/Unsplash)

Setelah berhasil mengaktifkan fitur kunci obrolan, semua percakapan yang dilindungi akan otomatis disembunyikan dalam folder terpisah yang diberi label 'Locked Chats'. Folder ini akan terletak di bagian atas daftar percakapan.

Berikut adalah langkah-langkah selanjutnya untuk mengaktifkan kode rahasia pada percakapan:
Pertama, buka folder locked chats di WhatsApp. Kedua, klik tombol menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih chat lock settings. Ketiga, pada halaman berikutnya pilih Secret Code, atur kata sandi, dan pengguna siap menggunakannya.

Perlu dicatat, ketika pengguna mengunci obrolan, notifikasi akan disembunyikan dan penyimpanan otomatis media akan diblokir. Selain itu, juga perlu diingat bahwa mengaktifkan kunci obrolan di satu perangkat tidak akan berdampak pada perangkat lain yang menggunakan akun yang sama. Setiap perangkat harus diatur secara terpisah sesuai dengan preferensi pengguna. (aqb)

Baca juga:

Backup Data WhatsApp akan Berbayar

#WhatsApp #Aplikasi #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan