Media Sosial

WhatsApp Permudah Pengguna untuk Memindahkan Chat History

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 12 Agustus 2021
WhatsApp Permudah Pengguna untuk Memindahkan Chat History
WhatsApp menambahkan pembaharuan untuk memindahkan seluruh riwayat pesan dari iOS ke Android (ƒoto: Unsplash/Alexander Shatov)

WhatsApp menambahkan pembaharuan untuk memindahkan seluruh riwayat pesan (chat history) saat pengguna beralih dari iOS ke Android. Fitur ini hadir untuk menjawab segala permasalahan pengguna yang ingin memindahkan seluruh riwayat percakapan, foto, video, maupun pesan suara ke gawai lain.

Laman The Verge mengabarkan, fitur yang telah lama dikabarkan akan segera diluncurkan oleh WhatsApp, akhirnya diumumkan pada acara peluncuran gawai terbaru Samsung, Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, di acara Galaxy Unpacked pada 11 Agustus 2021.

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang ditunggu-tunggu banyak pengguna. Sebab, jika pengguna memindahkan seluruh riwayat obrolan pada fitur penyimpanan cloud WhatsApp, riwayat obrolan di iOS akan tersimpan di iCloud.

Sementara pada gawai Android, itu akan disimpan di Google Drive. Artinya, proses pemindahan riwayat pesan hanya dapat dipindahkan antar gawai yang menjalankan sistem operasional yang sama.

Baca juga:

WhatsApp Uji Coba Fitur Backup Terenkripsi

WhatsApp Permudah Pengguna untuk Memindahkan Chat History
Fitur ini dapat digunakan dengan memgakses aplikasi Smart Switch. (Foto/WhatsApp)

Nantinya untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menghubungkan kedua gawai ke satu PC lewat aplikasi Smart Switch. Namun fitur ini baru hanya dapat dinikmati oleh pengguna Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 saja.

Ke depannya fitur ini direncanakan akan hadir dilebih banyak gawai Samsung yang menerapkan sistem operasional Android 10 ke atas. Hingga saat ini, pihak samsung belum memberikan informasi terkait kapan fitur ini akan resmi dirilis dan dapat mulai digunakan.

Menurut WhatsApp pembaruan ini merupakan salah satu fitur yang sulit untuk diimplementasikan. Karena memindahkan seluruh riwayat pesan yang tersimpan di sebuah gawai, menjadi sebuah pekerjaan tambahan yang perlu dilakukan WhatsApp.

Selain itu, untuk dapat mewujudkannya diperlukan upaya kolaboratif antara kedua kedua perusahaan sehingga memungkinkan kedua sistem yang dimiliki masing-masing perusahaan dapat memindahkan seluruh riwayat pesan pengguna.

WhatsApp Permudah Pengguna untuk Memindahkan Chat History
Fitur ini telah dinantikan pengguna karena dapat meudahkan proses memindahkan seluruh riwayat pesan (Foto: Jiho)

Tidak hanya dinilai dapat memudahkan pengguna, fitur ini juga dapat membantu menarik lebih banyak pengguna yang ingin berpindah dari iOS ke Android dan sebaliknya. Sehingga para pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan seluruh riwayat pesan saat melakukan perpindahan gawai dengan sistem operasi berbeda. (cit)

Baca juga:

Bos WhatsApp Protes Keras Fitur Baru Apple, Ini Alasannya

#WhatsApp #Media Sosial #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan