WhatsApp Perkenalkan Fitur Komunitas Fitur Komunitas WhatsApp memungkinkan panggilan video hingga 32 orang. (Foto: WhatsApp)

APLIKASI bertukar pesan WhatsApp telah resmi meluncurkan fitur Komunitas secara global yang akan tersedia bagi semua orang dalam beberapa bulan ke depan.

Pada awal 2022, telah diinformasikan bahwa WhatApps sedang membangun pembaruan besar terkait dengan cara orang-orang terhubung di dalam grup.

Kini berbagai grup dengan ketertarikan atau tema yang sama seperti orangtua murid, tetangga/perumahan, hingga rekan di kantor dapat berada di dalam satu payung tanpa perlu meninggalkan grup yang ada dan percakapan dapat dikelola dengan lebih baik.

Baca juga:

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru, Bisa Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

WhatsApp Perkenalkan Fitur Komunitas
WhatsApp telah bekerja dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara guna memenuhi kebutuhan penggunanya untuk fitur ini.(Foto: Pixabay/mih83)

Untuk memulai, ketuk tab komunitas baru di bagian atas chat pada Android dan di bagian bawah di iOS. Selanjutnya, pengguna dapat memulai Komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada.

Setelah masuk ke dalam komunitas, pengguna dapat dengan mudah beralih antara grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau saat memerlukannya. Admin pun dapat mengirimkan pembaruan penting kepada semua orang di dalam Komunitas.

"Kadang kalau ada informasi chat di WhatsApp itu kan suka tenggelam dengan respon-responnya. Sekarang informasi ini bisa tetap ada di Komunitas di papan pengumuman. Hanya admin yang bisa posting," ujar Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia Esther Samboh dilansir Antara, Rabu (2/11).

"Nanti admin juga bisa menghapus pesan-pesan yang salah. Anggota juga bisa melihat grup apa saja yang ada di komunitas itu," lanjutnya.

Kehadiran fitur Komunitas bertujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.

Esther mengatakan alternatif yang tersedia saat ini memerlukan aplikasi atau perangkat lunak yang dapat dipercaya dengan salinan pesan mereka. Sedangkan Komunitas pada WhatsApp mampu memberikan semuanya dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Baca juga:

WhatsApp Siapkan 3 Fitur Baru untuk Jaga Privasi Pengguna

WhatsApp Perkenalkan Fitur Komunitas
Fitur Komunitas bertujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan. (Foto: pixabay/antonbe)

Selain itu, WhatsApp merilis tiga fitur seperti membuat polling dalam chat, panggilan video hingga 32 orang, dan grup beranggotakan maksimum 1024 pengguna.

Platform ini juga memperbesar ukuran berbagi file hingga 2Gb yang bisa terdiri dari dokumen, video, audio maupun foto serta penghapusan pesan oleh admin, yang akan sangat berguna untuk Komunitas.

Untuk membangun fitur Komunitas, WhatsApp telah bekerja dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara guna memenuhi kebutuhan penggunanya.

"Kami begitu senang karena masukan yang kami terima sehubungan dengan fitur baru ini sangat membantu grup dalam mengelola dan mencapai tujuan mereka secara lebih baik," kata Esther.

Sebelum diluncurkan secara resmi pada Kamis (3/11), WhatsApp telah menggandeng 12 komunitas di Indonesia yang berkesempatan mencoba fitur Komunitas lebih awal, beberapa di antaranya adalah Langsung Enak, sebuah komunitas pecinta kuliner populer, dan Play:On Indonesia Community, komunitas penggemar Mini 4WD.

"Dengan menggunakan grup pengumuman di Komunitas, saya dapat dengan mudah menjangkau semua anggota komunitas hanya dari satu jendela obrolan, sehingga lebih efisien. Sebelumnya saya tidak dapat melakukannya sekaligus dan harus melakukan beberapa posting berkali-kali di grup chat yang berbeda sehingga sangat merepotkan," kata Rangga Marvel, pendiri Play:On Indonesia Community.

Sementara itu, WhatsApp juga terus membangun dan menambahkan fitur-fitur terbaru dalam beberapa bulan mendatang. (*)

Baca juga:

Sejumlah Seri iPhone Lama akan Tidak Bisa Gunakan WhatsApp

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PlayStation Akuisisi 2 Developer
Fun
PlayStation Akuisisi 2 Developer

Sony menghadirkan lebih banyak developer ke dalam studionya.

Dianggap Rasis, WHO akan Mengganti Nama Cacar Monyet
Fun
Dianggap Rasis, WHO akan Mengganti Nama Cacar Monyet

Label cacar monyet dinilai diskriminatif.

Tak Hanya Melembapkan Kulit, ini 5 Fungsi Moisturizer
Fun
Tak Hanya Melembapkan Kulit, ini 5 Fungsi Moisturizer

Kandungan pada moisturizer memberikan sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit.

Tidak Menghadiri Pernikahan Mantan Bukti Kamu Berhasil Mendamaikan Ego Pribadi
Hiburan & Gaya Hidup
Tidak Menghadiri Pernikahan Mantan Bukti Kamu Berhasil Mendamaikan Ego Pribadi

Berdamailah dengan Masalah untuk Tidak Datang Ke Pernikahan Mantan, karena apabila kamu lakukan maka bisa timbul banyak masalah

6 Peningkatan Baru Fitur Pesan Suara di WhatsApp
Fun
6 Peningkatan Baru Fitur Pesan Suara di WhatsApp

WhatsApp telah mengumumkan beberapa peningkatan baru untuk fitur pesan suara.

Kanye West Sebut Adidas Buat Yeezy Day Tanpa Persetujuannya
ShowBiz
Kanye West Sebut Adidas Buat Yeezy Day Tanpa Persetujuannya

West menuliskan ketidaksetujuannya terhadap Yeezy Day.

Tulisan Tangan Raja Charles III dan Karangan Bunga di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II
Fun
Final WRC Esports 2022 akan Digelar di Yunani
Fun
Final WRC Esports 2022 akan Digelar di Yunani

Digelar bersamaan dengan pekan Reli Akropolis Yunani.

James Corden Pernah Audisi untuk Peran Hobbit di 'Lord Of The Rings'
ShowBiz
James Corden Pernah Audisi untuk Peran Hobbit di 'Lord Of The Rings'

Ia telah melakukan penyesuaian aksen dan segalanya dari karakter Gamgee, tapi tetap tidak dipilih untuk memerankannya.

Dia Mendua, Benarkah?
Fun
Dia Mendua, Benarkah?

Mendua mudah kok dideteksi.