WhatsApp Pay, Fitur Dompet Digital dari Aplikasi Chat WhatsApp akan buat fitur dompet digital bagi penggunanya (Foto: Pexels/Anton)

APLIKASI chat WhatsApp berencana menambah fitur baru. WhatsApp Pay. Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba di India. Dengan rencana tersebut, pengguna WhatsApp nantinya dapat melakukan pembayaran atau transfer uang ke pengguna lain secara digital.

Saat ini memang banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce. Melihat perkembangan digital di Indonesia, banyak perusahaan dari luar negeri tertarik untuk ikut bersaing. Nampaknya, fitur ini pun dibuat WhatsApp untuk bergabung dalam persaingan 'dompet digital' yang kini populer.

Baca juga:

Transfer Dana Semakin Mudah melalui WhatsApp

WhatsApp Pay, Fitur Dompet Digital dari Aplikasi Chat
E-commerce berkembang pesat di era serba digital (foto: Merithew Law)

Selain pesatnya perkembangan e-commerce, nampaknya Indonesia menjadi pilihan kedua WhatsApp (setelah India) karena tingginya jumlah pengguna.

Aplikasi milik Facebook tersebut memang menjadi pilihan utama warga Indonesia. Pengguna WhatsApp di Indonesia tercatat melebihi 100 juta orang.

WhatsApp dikabarkan tengah menghubungi berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia. Di antaranya perusahaan yang juga mengedepankan bisnis dompet digital, termasuk Go-Pay, DANA, dan OVO.

Menurut informasi yang dilansir dari laman Reuters, dalam waktu dekat seharusnya WhatsApp dapat mencapai kesepakatan dengan ketiga perusahaan tersebut.

Baca juga:

Libra, Mata Uang Digital Terbaru dari Facebook Resmi Diumumkan

Hal ini memang telah direncanakan oleh Mark Zuckerberg, selaku CEO Facebook yang kini juga mengepalai WhatsApp. Awal 2019, Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook berencana meluncurkan mata uang digital.

Selain WhatsApp Pay, Facebook tengah mengerjakan proyek mata uang digital bernama Libra. Untuk saat ini, belum ada informasi apakah WhatsApp Pay nantinya akan menggunakan mata uang Libra.

WhatsApp Pay, Fitur Dompet Digital dari Aplikasi Chat
CEO Facebook Mark Zuckerberg kini juga kepalai WhatsApp (Foto: The News Minute)

Dilansir dari laman CNBC, saat ini Bank Indonesia belum mendengar rencana WhatsApp ini. Padahal agar dapat beroperasi, WhatsApp memerlukan izin dari Bank Indonesia.

Fitur WhatsApp Pay di Indonesia akan berbeda dengan India. WhatsApp Pay di Indonesia hanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran saja. Untuk fitur transfer ke pengguna lain nampaknya akan ditiadakan. Karena perizinan yang mengatur hal tersebut di Indonesia cukup ketat.

Awalnya fitur ini direncanakan untuk dapat digunakan akhir 2019. Namun menurut laman Reuters, rencana tersebut akan tertunda. WhatsApp ingin menghadirkan fitur ini di India sebagai percobaan. Selain itu, WhatsApp juga perlu mendapatkan ijin dari Bank Indonesia terlebih dahulu. (sep)

Baca juga:

Sekarang Kita Bisa Update Status Facebook Lewat WhatsApp



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH