WhatsApp Down, Apa yang Jadi Penyebabnya? Peta whatsapp down (Sumber: downdetector.com)

APA kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp saat ini? Jika iya, kamu tidak sendiri. Hal itu lantaran layanan WhatsApp sedang mengalami down. Hal yang sama juga terjadi pada Instagram.

Berdasarkan pantauan dari situs downdetector.com, beberapa negara memang sedang mengalami kendala. Namun yang paling parah adalah Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari warna jingga yang menyelimuti Indonesia.

Kondisi ini kemudian dikeluhkan oleh sejumlah pengguna. Di kolom komentar, banyak yang mengatakan sama sekali tak bisa mengakses WhatsApp dan Instagram. Akses down juga berlaku di WhatsApp Web.

"pantesan kirim wa gagal terus," tulis akun Catverine.

"Makanya pasang telegram," kata Pras.

WhatsApp sedang down (Sumber: Pixabay/LoboStudioHamburg)
WhatsApp sedang down (Sumber: Pixabay/LoboStudioHamburg)

Dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), pemerintah memang sedang membatasi sejumlah fitur dalam media sosial dan "messaging system" pada hari ini Rabu (22/5). Terutama fitur yang berkaitan dengan foto dan video.

Hal itu dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan. "Pembatasan dilakukan terhadap fitur-fitur di platform media sosial," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, seperti yang diberitakan Antaranews.

Pemerintah sengaja mengatur sistem WhatsApp (Sumber: Pixabay/TeroVesalainen)
Pemerintah sengaja mengatur sistem WhatsApp (Sumber: Pixabay/TeroVesalainen)

Pembatasan yang dilakukan berbasis "messaging system" meliputi file foto dan video. "Kita tahu modusnya adalah posting di media sosial, Facebook, Instagram, dalam bentuk video, meme, foto, screen capture," ujarnya.

Rudiantara berharap masyarakat bisa memahami kondisi pembatasan ini. Kebijakan ini dilakukan untuk sementara, namun ia tak menyebutkan kapan waktu aturan tersebut berlaku.

"Nah jadi temen-teman dan kita semua akan mengalami pelambatan kalau kita 'download' (unduh) atau 'upload' (unggah) video kemudian juga foto," tutur Rudiantara.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH