WhatsApp Bakal Punya Fitur Keamanan Sidik Jari WhatsApp (Sumber: Pixabay/Webster2703)

ADA sebuah fitur keamanan baru yang akan ada di WhatsApp. Dilansir dari laman Phone Arena, aplikasi pesan ini akam membuat fitur Touch ID untuk otentikasi keamanan di platform Android. Sebelumnya WhatsApp sudah melakukan hal itu di sistem operasi iOS beberapa waktu lalu.

Dengan fitur Touch ID, pengguna harus menggunakan sidik jari untuk membuka aplikasi, mirip seperti saat membuka kunci ponsel. Dengan munculnya fitur baru ini maka keamanan WhatsApp akan semakin maksimal.

1. Mudah diterapkan

Fitur ini mudah diterapkan (Sumber: Pixabay/iGlobalWeb)
Fitur ini mudah diterapkan (Sumber: Pixabay/iGlobalWeb)

Nantinya, Touch ID akan ditaruh di tab Privacy. Jika ingin mengaktifkan fitur ini maka pengguna harus melakukan pendaftaran dengan menempelkan jari ke sensor. Langkah pendaftarannya mirip dengan mendaftar untuk kunci ponsel.

Jika ponsel tidak memiliki pemindai sidik jari, maka WhatsApp memberikan opsi lain sesuai dengan kemampuan perangkat tersebut. Meski demikian fitur ini hanya akan berjalan minimal pada Andorid Marshmallow.

2. Belum jelas kapan diluncurkan

Sayangnya fitur ini belum jelas peluncurannya (Sumber: Pixabay/Simon)
Sayangnya fitur ini belum jelas peluncurannya (Sumber: Pixabay/Simon)

Pada bulan Oktber tahun lalu, WhatsApp sudah mengatakan akan memberi tambahan keamanan di aplikasi yang berjalan di platform iOS. Pengguna bisa membuka WhatsApp lewat otentikasi Touch ID dan Face ID.

Sayangnya, belum jelas kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur keamanan terbaru ini, baik untuk iOS maupun Android. Tapi seperti dilansir androidauthority.com, kemungkinan perilisannya tidak dalam waktu dekat ini.

3. Bukan barang baru

Fitur sidik jari bukan barang baru (Sumber/ Pixabay/HeikoAL)
Fitur sidik jari bukan barang baru (Sumber/ Pixabay/HeikoAL)

Sebenarnya otentikasi menggunakan sidik jari untuk membuka aplikasi bukan barang baru. Sebelum WhatsApp, sudah ada banyak aplikasi yang menerapkan sistem keamanan sidik jadi, terutama aplikasi yang berkaitan dengan finansial.

Bukan hanya itu beberapa merek ponsel juga sudah memiliki sistem keamanan sidik jari di belakang ponsel. Beberapa ponsel yang memiliki sistem ini seperti OnePlus, Samsung, atau Xiaomi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH