Teknologi

WhatsApp akan Rilis Fitur Undo Status

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 26 Oktober 2021
WhatsApp akan Rilis Fitur Undo Status
(cover) WhatsApp akan kembali rilis fitur terbaru. (Pexels_Anton)

APLIKASI berkirim pesan milik Facebook, WhatsApp, dikabarkan akan kembali merirlis fitur 'Undo' pembaruan pesan untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Meskipun sebenarnya pengguna telah dapat menghapus pembaruan status mereka, fitur Undo ini memungkinkan pengguna untuk menghapus secara lebih cepat.


Seperti dilansir WABetainfo, fitur ini dirancang bagi pengguna yang secara tidak sengaja melakukan pembaruan status sehingga bisa secara cepat menghapusnya sebelum pengguna lain melihat pembaruan status tersebut.

Nantinya fitur 'Undo' itu akan muncul secara langsung setelah pengguna melakukan pembaruan status. Sesaat setelah pengguna melakukan pembaruan status, WhatsApp akan segera memunculkan notifikasi 'Undo' yang berada di bagian kanan, bersebrangan dengan pemberitahuan bahwa status telah terbarui.

BACA JUGA:

Story WhatsApp Muncul di Status Pengguna, Apakah Aman?

Hingga saat ini, anak perusahaan Facebook ini belum mengumumkan waktu perilisan resmi terkait dengan fitur 'Undo' secara global. Diketahui, hingga saat ini fitur tersebut telah diujicobakan secara terbatas untuk beberapa pengguna WhatsApp versi beta.


Sejak pertama kali dirilis pada 2009, WhatsApp rutin merilis fitur terbaru bagi para penggunanya. Sebelum merilis fitur 'Undo' status ini, WhatsApp dikabarkan akan merilis beberapa fitur baru dalam waktu dekat.

whatsapp
WhatsApp akan merilis fitur 'Undo' status. (Foto_WABetainfo)


Fitur pertama yang digadang-gadang dalam waktu dekat akan diluncurkan oleh WhatsApp adalah opsi baru terkait 'Last Seen.' Fitur 'Last Seen' yang difungsikan untuk melihat kapan terakhir kali pengguna lain online ini nantinya dapat disembunyikan untuk kontak atau orang yang telah ditentukan pengguna. Nantinya dalam pengaturan privasi, WhatsApp akan menambahkan opsi 'kecuali kontak saya' sehingga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan fitur 'Last Seen.' Namun, jika pengguna mengaktifkan fitur ittu, status aktif milik pengguna lainnya juga tidak dapat dilihat. Opsi baru itu dikabarkan akan tersedia untuk pengguna IOS maupun Android.

Menurut salah satu situs yang sering membocorkan fitur-fitur terbaru WhatsApp, WABetaInfo, dalam pengaturan privasi pengguna tak hanya dapat menyembunyikan status 'Last Seen' mereka. Namun pengguna juga dapat menyembunyikan foto profil dan halaman about dari kontak tertentu.

whatapp
WhatsApp akan merilis fitur yang dapat menghapus seluruh percakapan di ruang obrolan. (Unsplash_Christian Wiediger)

Fitur baru kedua yang ditawarkan WhatsApp ialah menghilangkan obrolan. Fitur ini dikabarkan dapat digunakan baik di obrolan pribadi maupun grup. Setelah mengaktifkannya, semua pesan akan hilang setelah beberapa saat.
Jika pengguna tidak ingin semua pesan terhapus, maka pengguna harus menonaktifkan fitur ini. Nantinya, WhatsApp akan memberitahukan pengguna ketika fitur uni sedang diaktifkan dalam ibrilan baru. Untuk saat ini, fitur menghilangkan obrolan baru dapat digunakan untuk pengguna WhatsApp versi beta 2.21.18.7.


Aplikasi pesan yang menjadi bagian dari perusahaan Facebook ini dikabarkan juga sedang mengerjakan fitur edit ikon grup baru. Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengubah ikon grup dengan lebih cepat. WhatsApp akan menyediakan latar belakang dan emoji serta stiker untuk menambah variasi dalam membuat ikon. Namun fitur ini baru terlihat pada WhatsApp Android versi beta 2.21.20.2.(cit)

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan