Teknologi

WhatsApp akan Rilis Aplikasi Versi iPad?

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 02 Februari 2022
WhatsApp akan Rilis Aplikasi Versi iPad?
WhatsApp akan rilis aplikasi versi iPad?(Foto Pexels_Anton)

PERUSAHAAN Meta mungkin akan merilis aplikasi perpesanan WhatsApp untuk iPad. Sebelumnya, para pengguna iPad hanya dapat menggunakan WhatsApp melalui peramban, sama seperti menggunakan WhatsApp di peramban komputer.

Dalam sebuah laporan The Verge, Jumat (28/1), Pemimpin WhatsApp di Meta, Will Cathcart, mengatakan banyak orang sudah lama menginginkan aplikasi WhatsApp untuk iPad. Perusahaan akan senang untuk mewujudkan permintaan banyak orang itu.

Sama seperti Instagram untuk iPad, WhatsApp untuk tablet Apple itu telah lama luput dari perhatian meskipun aplikasi versi resmi itu merupakan permintaan banyak pengguna. Meskipun Cathcart tampaknya tidak berkomitmen untuk merilis WhatsApp versi iPad, komentarnya menunjukkan ada kemungkinan aplikasi itu akan dibuat dalam waktu dekat. Terlebih saat ini WhatsApp telah membangun sebuah teknologi dasar yang membutuhkan aplikasi agar dapat bekerja.

BACA JUGA:

Cara Menang Permainan Tebak Kata Wordle

“Kami melakukan banyak pekerjaan pada teknologi itu untuk mendukung penggunaan banyak perangkat,” kata Cathcart, merujuk pada fitur penggunaan WhatsApp multiperangkat yang dirilis tahun lalu.

whatsapp
WhatsApp untuk iPad telah lama diminta banyak orang.(Pexels_Cottonbro)

“WhatsApp vers web dan aplikasi desktop kami sekarang memiliki fitur multiperangkat. Jika mengaktifkan fitur multiperangkat, saya dapat mematikan ponsel saya atau kehilangan koneksi jaringan saya dan masih menerima pesan di desktop saya. Fitur multiperangkat akan sangat penting untuk aplikasi di tablet, agar dapat menggunakan aplikasi bahkan jika ponsel pengguna tidak menyala. Jadi teknologi yang mendasarinya ada di sana,” ujar Cathchart.

Sebelumnya, karena memiliki cara mengenkripsi pesan yang berbeda, WhatsApp secara historis tidak dapat menyinkronkan obrolan di seluruh perangkat melalui internet seperti kerja kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya. Jadi, jika WhatsApp di ponsel seseorang tidak memiliki akses ke internet, klien di desktop tidak berfungsi. Versi beta dari fitur multiperangkat memungkinkan pengguna menyinkronkan akun WhatsApp mereka di hingga empat perangkat sekaligus.

whatsapp
WhatsApp tengah mengembangkan fitur multiperangkat.(Foto Pexels_Jéshoots)

Di sisi lain, WhatsApp tengah mengembangkan fitur pemindahan riwayat obrolan dari perangkat Android ke perangkat iOS. Pada tahun lalu, WhatsApp telah menghadirkan fitur pemindahan riwayat obrolan dari iOS ke Android. Fitur pemindahan antarsistem operasi yang berbeda ini juga telah dinantikan banyak orang.(kna)

#Teknologi #WhatsApp
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan