Wewangian yang Menenangkan, Bantu Kurangi Stres

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 16 November 2022
Wewangian yang Menenangkan, Bantu Kurangi Stres
anfaat wewangian ini berlipat ganda saat malam hari. (Pixabay/pixel2013)

AKHIR tahun, kesibukan meningkat. Tenggat laporan dan rencana tahunan di kantor, anak yang mulai tes akhir semester, dan persiapan liburan akhir tahun menanti. Dengan dimulainya kesibukan menjelang akhir tahun, kita semua perlu menenangkan diri.

Salah satu caranya adalah melalui indera penciuman, media kuat yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi suasana hati dengan sekali hirupan.

Baca Juga:

Tips Tubuh Wangi Damaikan Diri Sepanjang Hari

wangi
Wewangian apa pun yang kamu sukai secara pribadi akan menghilangkan stresmu. (Pixabay/Couleur)

Wewangian itu subjektif, dan wewangian apa pun yang kamu sukai secara pribadi akan menghilangkan stresmu. Namun, ada ekstrak botani tertentu (terbuat dari tanaman, daun, kulit jeruk, dan kelopak bunga, dan lain-lain) yang secara ilmiah terbukti memiliki manfaat aromaterapi.

Kamu bisa menggunakan mist, spray, oil, dan krim yang mengandung minyak esensial. Produk-produk kecantikan tersebut dapat dioles di pelipis, semprotkan di bantal, atau gosokkan ke tubuh untuk menghilangkan stres secara instan.

Manfaat wewangian ini berlipat ganda saat malam hari, itulah sebabnya memakai beberapa wewangian ke tempat tidur mungkin bukan ide yang buruk jika kamu tidak terlalu sensitif terhadapnya.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup minyak esensial tertentu sebelum dan selama tidur dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, mengurangi waktu terbangun di malam hari, dan meningkatkan vitalitas tubuh pada hari berikutnya," ujar aromaterapis Brittany Hogan yang mendirikan Nefertem Holistic Skincare.

Saat kita menikmati apa yang kita cium, efek domino terjadi karena sistem tubuh yang terhubung.

Baca Juga:

Tak Hanya Wangi, Lilin Aromaterapi Kristal Ini Bisa Pengaruhi Aura

wangi
Aroma kayu dapat menimbulkan perasaan relaksasi bagi kebanyakan orang. (Pixabay/weinstock)

"Menikmati aroma membantu pupil mata melebar, dan tubuh akan memproduksi zat kimia yang dapat mendorong otot polos pembuluh darah untuk relaks," kata ahli aromaterapi Kelly Fowler yang menjadi instruktur di The Soma Institute seperti diberitakan Real Simple.

"Ketika tubuh melalui proses vasodilatasi itu, tekanan darah pun turun, dan detak jantung sedikit melambat, yang merupakan sinyal ketenangan dan relaksasi," dia menambahkan.

Beberapa aroma yang menenangkan yaitu lavender, eucalyptus, dan sereh, menurut penelitian dapat melakukan hal-hal seperti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan suasana hari, dan bahkan mengurangi kecemasan.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma kayu dapat menimbulkan perasaan relaksasi bagi kebanyakan orang. Sementara, musk dikaitkan dengan emosi utama perasaan aman (mungkin dijelaskan oleh fakta bahwa ada aroma musk dalam ASI).

Ada ratusan aroma berbeda yang dapat digunakan dalam aromaterapi, tetapi kayu putih dan sage harus menjadi dua MVP teratas. Koleksi aromaterapi kerap menggabungkan keduanya menjadi mist herbal untuk menjernihkan pikiran. Kamu dapat menyemprotkan sedikit pada bantal dan seprai dengan cepat sebelum tidur untuk pengalaman tidur yang lebih relaks. (aru)

Baca Juga:

Trik Jitu Bikin Kamar Mandi Selalu Segar dan Wangi

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan