'West Side Story' Karya Steven Spielberg Sudah Tayang di Bioskop West Side Story karya Steven Spielberg telah tayang di bioskop (Foto: istimewa)

MENYAMBUT akhir tahun 2021, 20th Century Studios mempersembahkan West Side Story, sebuah kisah klasik persaingan sengit dan cinta masa muda dengan latar belakang kota New York pada tahun 1957.

Film tersebut merupakan adaptasi dari drama musikal legendaris yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Film ini digarap oleh sutradara legendaris Steven Spielberg, dan dibintangi oleh Ansel Elgort (Tony), Rachel Zegler (Maria), Ariana DeBose (Anita), David Alvarez (Bernardo), Mike Faist (Riff), serta Rita Moreno (Valentina).

Baca Juga:

Mengintip Alasan Ernest Prakasa Membuat Film Bergenre Thriller

West Side Story karya Steven Spielberg, merupakan adaptasi dari drama musikal legendaris dengan judul yang sama (Foto: istimewa)

Film West Side Story berlatar lingkungan yang berada di Upper West Side, sebuah lingkungan multi ras yang terdiri dari pekerja buruh.

Pada awal 1950-an, daerah itu akan diratakan untuk pembangunan Lincoln Center for the Performing Arts, Universitas Fordham, serta proyek lainnya. Kisah pada film ini mengeksplorasi persaingan antara Jets dan Shark, yakni dua geng remaja jalanan dari ras yang berbeda.

Dua geng tersebut mengalami perjalanan penuh emosi dalam memperebutkan teritori yang akan hilang. Kisah pun semakin rumit kala Tony, mantan anggota Jets dan sahabat sang pemimpin geng, Riff, jatuh cinta dengan Maria, saudara perempuan Bernardo (pemimpin Shark).

Kisah yang berlatar masalah sosial antar ras tersebut, yang menjadikan West Side Story sebuah drama musikal yang legendaris. West Side Story diciptakan oleh empat talenta legenda dunia, sutradara dan koreografer Jerome Robbins, komposer Leonard Bernstein, penulis lirik Stephen Sondheim dan penulis drama Arthur Laurents.

Drama musikal tersebut tayang perdana di Broadway pada 26 September 2957, di Winter Garden Theatre., dan sudah ditampilkan pada 732 pertunjukan.

Drama musikal West Side Story tak sekadar sebuah cerita klasik, tapi juga merupakan produksi Broadway bersejarah, dan menjadi simbol budaya Amerika yang dicintai oleh masyarakat Internasional.

Sebelumnya, West Side Story sudah pernah diadaptasi menjadi film di tahun 1961 oleh Robert Wise dan Jerome Robbins, yang menjadikan sebuah fenomena budaya. Film tersebut memenangkan sepuluh Academy Award.

Baca Juga:

Deretan Film Negeri Aing Paling Kontroversial

Namun, Sutradara Steven Spielberg menjelaskan, bahwa West Side Story merupakan salah satu film yang paling menantang dalam karirnya.

"Karena harus menceritakan ulang sebuah mahakarya dari sudut pandang saya, tanpa mengorbankan integritas dari drama musikal yang dianggap memiliki musik terbaik yang pernah diciptakan untuk dunia teater," jelas Steven, pada siaran pers yang diterima merahputih.com.

Dalam adaptasinya, Steven mengutamakan keberagaman pemilihan pameran. Menurutnya salah satu cara agar penonton dapat merasa dekat dengan film ini adalah, dengan mencari pemain berbakat dari komunitas Latin untuk memerankan karakter yang diceritakan berasal dari Puerto Rico.

"Di sini kami memastikan semua pemeran kelompok Sharks adalah orang latin. Kami merasa tidak mungkin dapat membuat film ini tanpa menampilkan pemain yang benar-benar beragam," ungkap Steven.

Sementara itu, produksi film juga turut melibatkan sederet ahli untuk mendapatkan cerita yang autentik tentang pengalaman orang dari Puerto Rico di New York.

Menariknya, film West Side Story juga memiliki latar set yang spektakuler, yakni mengambil lokasi asli di kota New York seperti Bush Terminal di Brooklyn, Museum Cloisters di Manhattan, Harlem, Washington Heights, Sungai Hudson di New Jersey, dan masih banyak lagi.

Sedikit informasi, film West Side Story hadir di bioskop Indonesia mulai tanggal 8 Desember 2021. Ingat, tetapi patuhi protokol kesehatan yang berlaku saat menonton ya. (Ryn)

Baca Juga:

Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Nicco Aditya Perkenalkan Diri dengan Single ‘Tiada Ruang’
ShowBiz
Nicco Aditya Perkenalkan Diri dengan Single ‘Tiada Ruang’

Buah karya ini merupakan pengalaman pribadi yang dialami oleh Nicco

Tips Sederhana Menyimpan Uang ala Selebriti asal Filipina
Fun
Tips Sederhana Menyimpan Uang ala Selebriti asal Filipina

Beberapa tips yang diberikan oleh selebriti asal Filipina ini dapat kamu terapkan

Nike Akuisisi Startup Sneaker Virtual RTFKT
Fashion
Nike Akuisisi Startup Sneaker Virtual RTFKT

Menjadi langkah transformasi Nike ke dunia digital.

Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?
Fun
Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?

Sudah pasti akan membuat Final Fantasy terbaru ini menjadi lebih apik untuk dimainkan.

Literasi Digital Tak dapat Gantikan Fungsi Literasi Tradisional
Fun
Literasi Digital Tak dapat Gantikan Fungsi Literasi Tradisional

kemudahan yang ditawarkan internet justru dapat mengubah fungsi dasar dari literasi.

Ide Riasan Mata, Wajah dan Bibir Berdasarkan Zodiak
Fun
Ide Riasan Mata, Wajah dan Bibir Berdasarkan Zodiak

Makeup wajah dan bibir berdasarkan zodiak

Martabak, Camilan Populer di Layanan Pesan-Antar
Kuliner
Martabak, Camilan Populer di Layanan Pesan-Antar

Sebanyak 7 juta martabak dipesan selama 2020.

Reuni Pasangan Cameo Favorit K-Drama
ShowBiz
Reuni Pasangan Cameo Favorit K-Drama

Chemistry mereka kuat banget.

Srimulat, Contoh Kuali Pertemuan Budaya dan Bahasa
Fun
Srimulat, Contoh Kuali Pertemuan Budaya dan Bahasa

Ide dasar dari komedi yang menjadi trademark dari Srimulat hingga saat ini.

Kisah Nyata 'Angel' Menjadi Brand Ambassador EVOS Esports
ShowBiz
Kisah Nyata 'Angel' Menjadi Brand Ambassador EVOS Esports

Serial 'Angel' akan tayang tujuh episode.