'Welcome The New Normal', Jokowi Dijadwalkan Tinjau Operasional Mal di Bekasi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengucapkan selamat Idulfitri kepada masyarakat (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Penerapan era normal yang baru alias new normal di tengah pandemi COVID-19 mulai berjalan Selasa (26/1) ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memantau langsung pembukaan kembali pusat perbelanjaan Mal Summarecon Bekasi sekitar pukul 13.00 WIB, selepas memantau aktivitas di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia pagi tadi.

“Siang nanti, rencananya presiden juga akan meninjau tempat niaga khususnya food hall di Bekasi dan tempat-tempat untuk mendukung kepentingan masyarakat seperti apotek dan tempat umum lainnya,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, usai ikuti mendampingi kunjungan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Selasa, (26/5).

Baca Juga:

'The New Normal' Dinilai Untungkan Indonesia dari Sektor Ekonomi

Menurut Hadi, pemantauan langsung ini dilakukan Jokowi dalam rangka memastikan masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB selama pandemi COVID-19.

Tahap awal rencana pendisiplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota. Empat provinsi tersebut adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat (khususnya Bekasi), Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Gorontalo.

“Akan ada kurang lebih 340 ribu anggota TNI/Polri dilibatkan untuk mengamankan 1.800 titik di 4 provinsi tersebut," ujar Hadi.

Baca Juga:

Persiapkan Aturan New Normal, Ini Sejumlah Mal yang Dibuka 5 dan 8 Juni Mendatang

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat mengecek pasukan dalam upacara Pemberangkatan Satgas Garuda Operasi Bantuan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Australia, di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/2/2020). (ANTARA/HO Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau pasukan keamanan. (ANTARA/HO Puspen TNI)

Panglima menambahkan pembukaan kembali roda ekonomi ini tetap mengacu pada pemberlakuan ketat keamanan COVID-19. Yakni, semua masyarakat diawasi untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, ketersediaan tempat cuci tangan atau alat hand sanitizer.

"Objeknya adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, mal-mal, pasar-pasar rakyat dan tempat pariwisata," tegas jenderal bintang 4 TNI AU itu.

Pada Selasa siang, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin pembukaan sejumlah mal di Kota Bekasi di tengah pandemi. Dua aktivitas Jokowi tersebut menandai berlakuknya new normal di tengah masyarakat Indonesia.

Namun, Jokowi menambahkan dirinya akan turun langsug ke titik-titik keramaian tersebut juga untuk lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB selama pandemi COVID-19. (Knu)

Baca Juga:

Pemda DIY Godok SOP Konsep New Normal Pariwisata


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH