Wedang Ronde Mbah Paiyem Langganan Soeharto Wedang ronde Mbah Paiyem, Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Kuliner - Wedang Ronde merupakan minuman khas Yogyakarta. Meski ramuan minumannya tersebar di berbagai daerah, wedang ronde memiliki kekhasannya tersendiri. Salah satunya ialah bahan campuran candil yang terbuat dari tepung beras.

Minuman ini pun disukai Presiden Soeharto. Saat presiden kedua RI itu bertugas di Yogyakarta, seringkali memerintahkan ajudannya menyediakan wedang ronde.
Wedang ronde yang menjadi langganan Soeharto ialah Wedang Ronde Mbah Paiyem.

http://server4.merahpoetih.com/gallery/public/2016/12/10/sM4LDIlKUd1481307689.jpg

"Pak Soeharto dulu selalu memborong dengan gerobak. Dianter ke sana (Istana Gedung Agung) sama ajudannya," kata Mbah Paiyem mengenang saat berbincang dengan merahputih.com, dengan bahasa Jawa, di Jalan Kauman, Kota Yogyakarta, Jumat (9/12).

Mbah Paiyem menceritakan, awalnya ia didatangi salah seorang ajudan Presiden. Ia diminta untuk membawa semua dagangannya ke Istana. Setelah diborong, Mbah Paiyem mengaku jadi sering diminta datang ke Istana untuk membuat wedang ronde.

"Pak Soeharto seneng wedang ronde gak ada kacangnya," tuturnya.

Bahkan, Mbah Paiyem beberapa kali diminta untuk membuat wedang ronde saat Istana kedatangan tamu negara. Wedang ronde racikan Mbah Paiyem pun menghiasi suguhan tamu.

Sejak itu, wedang ronde Mbah Paiyem mulai dikenal di kalangan pejabat daerah. Termasuk di lingkungan Keraton Yogyakarta. Mbah Paiyem juga mengaku pernah diminta meracik wedang ronde untuk kegiatan Keraton Yogyakarta. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Rahasia Ramuan Wedang Ronde Mbah Paiyem
  2. Resep Wedang Ronde Jahe Hangat yang Nikmat
  3. Wedang Jahe Gepuk Primadona Wong Solo
  4. Nyami, Kuliner Mie Kopyok Khas Semarang di Omah Wedangan
  5. Cerita Sukses Bu Sukardi Buka 5 Lapak Wedang Tahu di Jogja


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH