Wedang Jahe Gepuk Primadona Wong Solo Wedang Jahe Gepuk, minuman penghangat khas wong Solo (Foto: Instagram @thisisindonesian)

MerahPutih Kuliner - Salah satu minuman khas Kota Solo, Jawa Tengah sampai saat ini yang masih menjadi primadona masyarakat, yakni wedang jahe gepuk. Wedang jahe gepuk ini digemari, lantaran bahan utamannya terbuat dari bahan alami. Untuk secangkir wedang jahe gepuk, terdiri dari jahe, gula jawa, bula batu, serta air panas.

Namun jangan salah, jahe yang digunakan untuk wedang tersebut tidak sembarangan, yakni jahenya harus dibakar terlebih dahulu. Proses pembakarannya pun tak sembarangan, karena harus dibakar diantara arang yang suhu panasnya tidak terlalu panas.

Hampir di semua lokasi angkringan atau wedangan yang ada di Kota Solo, menyediakan minuman khas ini. Minuman ini cocok diminum waktu malam hari atau saat hujan tiba. Suasana dingiin yang merusuk tulang, seolah berubah menjadi hangat kala sensasi rasa wedang jahe gepuk dinikmati.

Selain itu, wedang yang dijual dengan harga tak lebih dari Rp5000 setiap gelasnya ini juga cocok diminum dengan menggunakan es, yakni menjadi es wedang jahe gepuk. Jika anda saat berada di Solo dan penasaran dengan rasanya, silahkan rasakan sensasinya dan jangan kaget jika anda ketagihan untuk terus meminumnya, karena selain pedas, rasanya juga tak bisa terbayangkan.(Win)

BACA JUGA:

  1. Direvitalisasi, Museum Keraton Solo Tetap Layani Pengunjung
  2. Keraton Kasunanan Solo Mulai Direvitalisasi
  3. Mengenal Tugu Kebangkitan Nasional di Solo
  4. Yuk Cicipi Martabak PVJ di Solo
  5. Museum Radya Pustaka Solo


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH