Selebritas

Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 22 Mei 2021
Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik
Putri Diana dan Martin Bashir. (Foto: Harper's Bazaar)

WAWANCARA yang dilakukan jurnalis BBC dengan Putri Diana 26 tahun lalu ternyata menggunakan tipu daya supaya ia mengungkapkan pernikahanya yang gagal dengan Pangeran Charles. BBC pun meminta maaf kepada publik atas adanya taktik tak pantas tersebut demi wawancara dengan Putri Diana.

Meski dilakukan pada 1995, wawancara dengan Putri Diana masih menjadi sorotan, terlebih ketika salah satu anggota kerajaan mengungkapkannya. Adik laki-laki Diana, Charles Spencer, telah dijebak agar memperkenalkan Diana kepada jurnalis BBC, Martin Bashir.

Laporan mantan hakim senior di Inggris, John Dyson, menemukan bahwa Bashir yang waktu itu kurang terkenal, telah menunjukkan pernyataan bank palsu kepada Spencer. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Diana disadap oleh layanan keamanan dan dua asisten senior dibayar untuk memberikan informasi tentang Diana.

“Bashir menipu dan membujuknya untuk mengatur pertemuan dengan Putri Diana. Dengan perilaku tipu daya, Bashir berhasil menciptakan tulisan tangan dari Diana sebulan setelah wawancara yang menuliskan tidak ada penyesalan dan Bashir tidak menunjukkan informasi yang tidak Diana ketahui,” tulis laporan itu.

Baca juga:

Foto Mengharukan Putri Diana 'Hadir' Saat Putri Charlotte Dibaptis

Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik
Martin Bashir. (Foto: BBC)

Spencer mengatakan kakaknya tidak tahu siapa yang bisa dipercaya dan pada akhirnya dia meninggal dua tahun kemudian tanpa adanya perlindungan. BBC pun menulis permintaan maaf kepada Pangeran William, putra sulung Diana.

Dalam wawancara ‘Panorama’ yang ditonton lebih dari 20 juta orang di Inggris, Diana mengejutkan negara itu karena mengakui telah berselingkuh dan berbagi detail pernikahannya dengan pewaris takhta, Pangeran Charles.

Itu adalah kali pertama Diana, yang tewas akibat kecelakaan mobil di Paris pada 1997, berkomentar di hadapan publik mengenai pernikahannya yang hancur.

Komentarnya “ada tiga orang dalam pernikahan ini, jadi terlalu ramai”, merujuk kepada hubungan Charles dengan Camilla Parker Bowles menimbulkan kehebohan.

Baca juga:

BBC akan Selidiki Wawancara Putri Diana

Berdasarkan laporan tersebut, setelah wawancara ditayangkan Bashir berulang kali berbohong kepada atasan mengenai caranya mendapatkan akses wawancara itu. Wawancara dengan Diana membuat Bashir jadi terkenal dan dia bisa mewawancarai bintang papan atas, termasuk Michael Jackson.

Pekan lalu, BBC mengumumkan Bashir meninggalkan pekerjaan sebagai editor di sana karena masalah kesehatan. Bashir meminta maaf atas pernyataan bank palsu, tapi dia tidak yakin mereka menyebabkan Diana mau diwawancarai. (and)

Baca juga:

‘The Crown’ Bikin Pencarian Baju Putri Diana di eBay Melonjak

#Putri Diana #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan