Selebritas
Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik Putri Diana dan Martin Bashir. (Foto: Harper's Bazaar)

WAWANCARA yang dilakukan jurnalis BBC dengan Putri Diana 26 tahun lalu ternyata menggunakan tipu daya supaya ia mengungkapkan pernikahanya yang gagal dengan Pangeran Charles. BBC pun meminta maaf kepada publik atas adanya taktik tak pantas tersebut demi wawancara dengan Putri Diana.

Meski dilakukan pada 1995, wawancara dengan Putri Diana masih menjadi sorotan, terlebih ketika salah satu anggota kerajaan mengungkapkannya. Adik laki-laki Diana, Charles Spencer, telah dijebak agar memperkenalkan Diana kepada jurnalis BBC, Martin Bashir.

Laporan mantan hakim senior di Inggris, John Dyson, menemukan bahwa Bashir yang waktu itu kurang terkenal, telah menunjukkan pernyataan bank palsu kepada Spencer. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Diana disadap oleh layanan keamanan dan dua asisten senior dibayar untuk memberikan informasi tentang Diana.

“Bashir menipu dan membujuknya untuk mengatur pertemuan dengan Putri Diana. Dengan perilaku tipu daya, Bashir berhasil menciptakan tulisan tangan dari Diana sebulan setelah wawancara yang menuliskan tidak ada penyesalan dan Bashir tidak menunjukkan informasi yang tidak Diana ketahui,” tulis laporan itu.

Baca juga:

Foto Mengharukan Putri Diana 'Hadir' Saat Putri Charlotte Dibaptis

Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik
Martin Bashir. (Foto: BBC)

Spencer mengatakan kakaknya tidak tahu siapa yang bisa dipercaya dan pada akhirnya dia meninggal dua tahun kemudian tanpa adanya perlindungan. BBC pun menulis permintaan maaf kepada Pangeran William, putra sulung Diana.

Dalam wawancara ‘Panorama’ yang ditonton lebih dari 20 juta orang di Inggris, Diana mengejutkan negara itu karena mengakui telah berselingkuh dan berbagi detail pernikahannya dengan pewaris takhta, Pangeran Charles.

Itu adalah kali pertama Diana, yang tewas akibat kecelakaan mobil di Paris pada 1997, berkomentar di hadapan publik mengenai pernikahannya yang hancur.

Komentarnya “ada tiga orang dalam pernikahan ini, jadi terlalu ramai”, merujuk kepada hubungan Charles dengan Camilla Parker Bowles menimbulkan kehebohan.

Baca juga:

BBC akan Selidiki Wawancara Putri Diana

Berdasarkan laporan tersebut, setelah wawancara ditayangkan Bashir berulang kali berbohong kepada atasan mengenai caranya mendapatkan akses wawancara itu. Wawancara dengan Diana membuat Bashir jadi terkenal dan dia bisa mewawancarai bintang papan atas, termasuk Michael Jackson.

Pekan lalu, BBC mengumumkan Bashir meninggalkan pekerjaan sebagai editor di sana karena masalah kesehatan. Bashir meminta maaf atas pernyataan bank palsu, tapi dia tidak yakin mereka menyebabkan Diana mau diwawancarai. (and)

Baca juga:

‘The Crown’ Bikin Pencarian Baju Putri Diana di eBay Melonjak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Wajib Diketahui
Fun
Fitur Tersembunyi iOS 15 yang Wajib Diketahui

Segera update untuk mendapatkan fitur keren iOS 15.

Demi Astro's Playroom, Japan Studio Lakukan Perombakan
Fun
Demi Astro's Playroom, Japan Studio Lakukan Perombakan

Mereka akan berfokus pada Asobi Team, tim kreatif di balik game Astro's Playroom.

Kunci Tidak Pas, Busi retak
Fun
Kunci Tidak Pas, Busi retak

Ukurannya kecil namun memiliki fungsi besar pada mesin kendaraan.

November Berani Baru
Hiburan & Gaya Hidup
November Berani Baru

Banyak orang punya segudang gagasan, konsep, dan strategi baru di notebook atau unggahan medsosnya. Namun, hanya itungan satu jari satu tangan berani mewujudkannya di masa pandemi.

Jakarta Pernah Punya Trem seperti Kota di Eropa
Fun
Jakarta Pernah Punya Trem seperti Kota di Eropa

Trem di Jakarta berkembang dari kereta kuda, kereta uap dan kereta listrik.

Retinol, Bahan Antiaging Terbaik Menurut Dermatolog
Fun
Retinol, Bahan Antiaging Terbaik Menurut Dermatolog

Selalu saja ada bahan baru dalam tren skincare. Ada satu bahan yang terus direkomendasikan para dermatolog, yaitu retinol

Beri Terus Kasih Sayang, Meskipun Hari Kasih Sayang sudah Berlalu
Fun
Tanda Seseorang Pura-Pura Baik Sama Kamu
Fun
Tanda Seseorang Pura-Pura Baik Sama Kamu

Orang yang pura-pura baik boleh jadi ada di sekitarmu.

Radiasi Ancam Rencana Pemukiman Astronaut di Bulan
Hiburan & Gaya Hidup
Radiasi Ancam Rencana Pemukiman Astronaut di Bulan

Jadi tantangan baru bagi ilmuwan NASA