Teknologi

Wattpad dan Webtoon Merger

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 29 Juni 2021
Wattpad dan Webtoon Merger
Resmi bersatu. (Foto: Deadline)

APLIKASI tulisan asal Kanada, Wattpad, dan platform komik digital Webtoon, resmi mengumumkan penggabungan divisi studio mereka untuk membuat Wattpad Webtoon Studios. Platform tersebut nantinya akan dijalankan oleh Naver dari Korea Selatan.

Dikutip The Hollywood Reporter, Wattpad yang berbasis di Toronto, baru-baru ini diakuisisi oleh Naver. Gabungan studio baru ini akan memperkuat posisi global Naver dalam IP, komik digital, dan novel web. Naver akan mengeluarkan dana sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun dalam pengembangan dan pembiayaan produksi untuk proyek studio yang baru digabungkan.

Wattpad akan tetap berpusat di Toronto di bawah kepemimpinan co-founder Allen Lau dan Ivan Yuen.

“Kami membawa era baru beragam suara dan IP yang luar biasa kepada audiens dan industri yang mencari keduanya. Bisnis menghabiskan miliaran dolar untuk menangkap IP 100 tahun terakhir. Kami melihat ke masa depan, dengan ratusan juta cerita baru untuk mendukung hits di layar dan rak buku,” kata Aron Levitz, Presiden Naver.

Baca juga:

Tiga Webtoon Horor Karya Anak Bangsa dengan Hantu Lokal

Wattpad dan Webtoon Merger
Diadaptasi ke serial Netflix. (Foto: Webtoon)

Wattpad menggunakan teknologi pembelajaran mesin berbasis data untuk mengidentifikasi dan memproduksi proyek hiburan dengan pemain internasional, termasuk Sony Pictures Television, Universal Cable Productions, dan Entertainment One.

Wattpad sendiri telah menerbitkan ratusan buku dengan berbagai mitra di seluruh dunia dan 30 judul dari cetakan Buku Wattpad sejak diluncurkan pada 2019.


Aplikasi tersebut juga telah berkolaborasi dengan Mediaset, Lagardere Studios, dan Huayi Brothers Korea untuk mengidentifikasi dan mengembangkan acara TV dari unggahan cerita fiksi yang dibagikan di platform penerbitan daringnya.

Wattpad Webtoon Studios hadir dengan proyek yang sedang dikembangkan, termasuk Float yang akan dibintangi dan diproduksi oleh Robbie Amell, What Happened That Night hingga The Bad Boy’s Girl yang bermitra dengan Leone Film Group.

Baca juga:

Lima Drama Korea ini diadaptasi dari Webtoon, Apa Saja?

Wattpad dan Webtoon Merger
Diadaptasi dari Wattpad. (Foto: Wattpad)

Beberapa produksi Webtoon, seperti Sweet home, Noblesse, dan film Netflix mendatang A Traves de Mi Ventana dari Nostromo Pictures, didasari hit Wattpad global dengan nama yang sama.

Netflix juga sebelumnya meluncurkan tayangan The Kissing Booth , cerita yang pertama kali ditulis oleh Beth Reekles di Wattpad. (and)

Baca juga:

Siapkan Serial Horor Paling Mengerikan, Netflix Pilih Adaptasi Serial Webtoon

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan