Waspadai Virus Corona, Angkasa Pura akan Pulangkan 174 Wisatawan Tiongkok dari Solo Para penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - PT Angkasa Pura I akan memulangkan debanyak 174 wisatawan mancanegara (wisman) asal Kunming, Tiongkok ke negara asalnya dari Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/1).
Pemulangan tersebut dilakukan sebagai dampak penyebaran virus Corona di Wuhan, Tiongkok.

Direktur travel agent PT Cahaya Matahari Rembulan, Pupun Pantiana Gunmantono mengaku yang mendatangkan sebanyak 174 wisman asal Tiongkok itu ke Solo, Kamis (23/1) lalu lewat Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah dengan pesawat carter Citilink. Setelah sepekan berwisata di Solo mereka diharus dipulangkan ke negara asalnya.

Baca Juga:

Cegah Wabah Virus Corona, Puluhan Ribu Masker Bakal Dikirim untuk WNI di Wuhan

"Saat ini PT Angkasa Pura I telah resmi menutup penerbangan rute Kunming-Solo akibat wabah virus corona. Namun, masih ada 174 wisman asal Tiongkok di Solo belum dipulangkan," ujar Pupun kepada kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo, Selasa (28/1).

Sekitar 174 wisatawan Tiongkok dipulangkan dari Solo lantaran virus corona
Bandara Adi Soemarmo Solo juga memasang thermal scanner untuk antisipasi penyebaran virus corona (MP/Ismail)

Wisatawan Tiongkok tesebut, kata dia, akan dipulangkan ke negara asalnya setelah visa kunjungan wisata habis. Setelah pemulangan selesai, ia tidak lagi menjual paket wisata Kunming, Tiongkok-Solo setelah virus coronna merebak di Wuhan, Tiongkok.

"Sebanyak 174 wisman kita pulangkan besok (Rabu) lewat Bandara Adi Soemarmo, Solo Kita tidak mau ambil risiko akibat virus Corona," ujar dia.

Pupun menjelaskan pada Kamis (30/1) sebenarnya masih penumpang sebanyak 174 wisman asal Kunming, Tiongkok-Solo yang tiba di Bandara Adi Soemarmo. Namun, akibat wabah virus Corona, penerbangan dibatalkan.

Baca Juga:

DPRD Desak Pemprov DKI Bentuk Tim Kecil Antisipasi Virus Corona di Jakarta

"Kami refund semua. Penerbangan Kunming-Solo juga sudah ditutup Angkasa Pura I mulai Senin kemarin," tutup dia.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman membenarkan adanya rencana pemulangan 174 wisman asal Tiongkok. Setelah ini tidak ada lagi penerbangan Kunming-Solo sampai kasus virus Corona mereda.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Wabah Virus Corona, Penerbangan Solo-Kunming dari Bandara Adi Sormarmo Solo Ditutup



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH