Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah Anak bisa saja tertular penyakit di lingkungan sekolahnya (Foto: Pixabay/White77)

SEKOLAH merupakan ‘rumah kedua’ bagi anak. Di sana lah mereka menghabiskan waktu hampir setengah hari untuk belajar dan bersosialisasi dengan banyak orang. Namun perlu diketahui tubuh anak tidak sekuat orang dewasa dan lebih rentan untuk tertular penyakit, baik ringan maupun berat. Dibutuhkan perhatian serta penangnan khusus untuk anak agar kegiatan sehari-harinya tetap lancar dan nyaman.

Meskipun anak selalu terlihat sehat dan jarang sakit, ada baiknya para orang tua untuk tetap mewaspadai kemungkinan anak tertular penyakit yang mungkin terdapat di lingkungan sekolahnya. Walaupun sudah berusaha serba steril di rumah, penyakit tidak pernah pandang bulu.

Baca juga:

Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Bisa Sangat Menular

Melansir laman alodokter, berikut ulasan tentang beberapa penyakit yang seringkali menulari anak di lingkungan sekolah. Para orang tua wajib waspada dan berjaga-jaga akan berbagai kemungkinan ini!

1. Cacar Air

Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah
Cacar air (Foto: Pixabay/Hans)

Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejalanya yaitu timbul ruam merah di sekujur kulit dan bentol-bentol yang berisi air. Selain itu, anak akan merasakan pusing dan lemas serta demam tinggi.

Baca juga:

Tidak Boleh Mandi Saat Cacar Adalah Mitos

Biasanya untuk pencegahan penyakit ini, dokter menganjurkan untuk melakukan vaksin sebelum berumur 12 tahun. Orang tua juga harus waspada dan melakukan pengulangan vaksin jika diperlukan.

2. Kutu Rambut

Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah
Kutu rambut (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Jika anak tiba-tiba sering menggaruk kepalanya, segera cek karena mungkin saja ia tertular kutu rambut dari teman-teman dekatnya di sekolah.

Meskipun anak rajin mencuci rambutnya setiap hari, bukan berarti tidak mungkin terdapat kutu rambut karena tidak semua orang menerapkan pola hidup bersih. Sediakan selalu obat khusus untuk mengatasi kondisi ini.

3. Batuk dan Flu

Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah
Batuk dan flu (Foto: Pixabay/LOLOGO)

Penyakit ini yang paling sering menulari anak. Umumnya ketika anak berkumpul bersama teman-temannya di sekolah dan kebetulan salah satu dari mereka ada yang terkena flu.

Anak akan santai saja melakukan kontak fisik seperti bermain dan bersalaman tanpa memikirkan pentingnya mencuci tangan.

Baca juga:

Ini Cara Ampuh Cegah Penularan Flu pada Anak

Selain itu, seringkali anak-anak lupa menutup mulutnya ketika sedang sakit batuk. Hal-hal seperti ini yang kemudian memudahkan penularan penyakit flu kepada anak-anak yang lain.

4. Diare

Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah
Diare (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Dalam satu sekolah hanya akan terdapat beberapa toilet. Meskipun terdapat petugas kebersihan yang bekerja, kebersihan kamar mandi di sekolah tetap tidak menjamin kesehatan anak-anak.

Baca juga:

Air Kelapa, Pertolongan Pertama untuk Diare

Jika ada satu saja murid yang terkena diare dan kebetulan menggunakan toilet, bakteri akan dengan mudah berkembangbiak dan menulari anak lain di lingkungan sekolah. Jadi, tetap waspada ya! (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH