Kesehatan
Waspadai Penyakit Menular di Lingkungan Anak Bersekolah Anak lebih berisiko terkena penyakit menular, sebab daya tahan tubuhnya masih lemah. (freepik/jcomp)

PENYEBARAN penyakit menular di sekolah sangat rentan terjadi, baik dari teman sekelas yang sedang sakit atau lingkungan sekolah yang tidak bersih. Oleh karena itu, orang tua harus selalu waspada dan melakukan berbagai langkah pencegahan agar kesehatan anak tetap terjaga.

Anak-anak lebih berisiko terkena penyakit menular, sebab daya tahan tubuhnya masih lemah. Terlebih, lingkungan sekolah merupakan tempat yang rentan bagi anak untuk tertular penyakit, mulai dari jajanan yang tidak sehat, lingkungan yang kotor, hingga interaksi yang tinggi dengan teman sekelas.

Sebagian besar anak juga belum memahami sepenuhnya tentang kebiasaan hidup sehat, seperti mencuci tangan setiap saat, dan masih perlu selalu diingatkan. Oleh karena itu, bimbingan dan pengawasan dari orang tua sangat penting dilakukan.

Kamu mungkin pernah melihat anak pulang sekolah dengan kondisi demam, pucat, dan sakit perut. Beberapa kondisi tersebut bisa menjadi tanda anak tertular penyakit. Nah, dilansir dari MyHSPediatric ada beberapa jenis penyakit menular yang perlu di waspadai.

Baca Juga:

Waktunya Mengejar Ketinggalan Akademik Akibat Pandemi

anak
Virus penyebab ISPA menyerang sistem pernapasan. (freepik/jcomp)

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah penyakit menular akibat infeksi pada saluran pernapasan yang tidak hanya disebabkan oleh virus, tetapi juga bakteri. Salah satu penyebab ISPA adalah penyakit influenza.

Virus penyebab ISPA menyerang sistem pernapasan dan menimbulkan beberapa gejala, seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, dan sakit tenggorokan. Terkadang, anak juga mengalami demam tinggi selama beberapa hari, lemas, dan sakit kepala. Pada kasus yang lebih berat, ISPA bisa berkembang menjadi pneumonia.

Bila anak terkena flu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, yaitu memastikan anak banyak beristirahat, memberikan makanan bergizi, dan mencukupi kebutuhan cairannya agar anak tidak dehidrasi. Selain itu, kamu juga dapat memberikan obat flu anak yang banyak dijual bebas di pasaran sesuai dengan gejala yang dialami anak.

Cacar air

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang penularannya rentan terjadi di sekolah dan umumnya dialami anak di bawah usia 12 tahun. Penyakit ini sangat mudah menular melalui percikan cairan yang keluar dari mulut atau hidung saat bersin dan batuk.

Kontak langsung dengan cairan dari benjolan cacar yang pecah dan berbagi pakai alat makan juga bisa meningkatkan risiko penularan. Seorang anak yang tertular cacar air akan mengalami gejala, seperti:

- Demam

- Sakit tenggorokan

- Pusing

- Sakit perut yang disertai munculnya ruam kulit dan benjolan kecil berisi cairan bening

Saat terjangkit cacar, biasanya anak akan merasakan gatal yang luar biasa. Namun, jangan sampai anak menggaruk benjolan yang muncul, sebab akan menimbulkan bekas luka bila sampai terinfeksi bakteri.

Konjungtivitis (mata merah)

Mata merah atau konjungtivitis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Mata merah terjadi karena peradangan konjungtiva, yaitu jaringan yang melapisi bagian dalam kelopak dan bagian putih mata.

Gejalanya meliputi mata berair, nyeri saat mengedipkan mata, bengkak pada kelopak mata, dan mata terasa gatal. Pada kasus yang lebih parah, peradangan dapat menyebabkan terbentuknya nanah.

Konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, bila kondisi ini disebabkan oleh bakteri, diperlukan pengobatan antibiotik sesuai resep dokter. Untuk menghindari anak dari penyakit yang mudah menular di sekolah ini, kamu cukup ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan benar.

Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pencernaan. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa diare, demam, lemas, dan sakit perut.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anak terkena gastroenteritis, yaitu kebersihan lingkungan sekolah yang buruk, kontak dengan teman penderita diare, atau konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus dan bakteri.

Untuk mencegah anak dari penyakit ini, kamu dapat mengajarkan anak pola hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan rumah, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Campak

Campak atau dikenal juga dengan sebutan rubella merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Gejala yang muncul berupa demam, batuk, hidung berair, sakit tenggorokan, mata merah, dan muncul ruam di sekujur tubuh.

Virus penyakit campak sangat mudah menyebar melalui udara yang telah terkontaminasi oleh percikan cairan yang keluar dari mulut atau hidung penderita saat batuk atau bersin.

Sebagai salah satu langkah pencegahan, pemberian vaksin pada anak sangat penting dilakukan. Ada dua jenis vaksin yang digunakan untuk mencegah campak, yaitu vaksin MR dan vaksin MMR.

Baca Juga:

Awas, Bahaya Gadget Mengintai Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
UNIQLO Hadirkan Koleksi U Fall/Winter 2022
Fashion
UNIQLO Hadirkan Koleksi U Fall/Winter 2022

Uniqlo U Fall/Winter 2022 rilis pada 28 Oktober 2022.

Metallica Kejutkan Penggemar Rilis Single 'Lux Æterna'
ShowBiz
Metallica Kejutkan Penggemar Rilis Single 'Lux Æterna'

Bukan hanya satu kejutan saja, tetapi terdapat tiga kejutan dari Metallica.

Katon Lahir, Kelak Warnai Musik Indonesia
ShowBiz
Katon Lahir, Kelak Warnai Musik Indonesia

Merangkai kata dapat menggerakan emosi pendengar lagu-lagunya.

Alergi Pergi, Produktivitas Meninggi
Hiburan & Gaya Hidup
Alergi Pergi, Produktivitas Meninggi

Alergi menurunkan produktivitas hingga 25-30 persen.

Supaya Tidak Salah, Kenali Tipe Lampu Motor Ini
Fun
Supaya Tidak Salah, Kenali Tipe Lampu Motor Ini

Pemasangan lampu motor tidak boleh dilakukan sembarangan.

Eminem Umumkan Daftar Lagu untuk album 'Curtain Call 2'
ShowBiz
Eminem Umumkan Daftar Lagu untuk album 'Curtain Call 2'

Curtain Call 2 juga mencakup hit kolaborasi Eminem dengan sejumlah artis besar.

Jangan Keliru dalam Merawat Diri
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Keliru dalam Merawat Diri

Merawat diri juga terkait dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyakiti diri.

Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen
Fun
Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen

Banyak kesalahan dan mitos yang kerap kali terjadi atau dipercaya orang saat memakai sunscreen.

Kebiasaan Buruk Perempuan yang Bikin Laki-Laki Kabur
Fun
Kebiasaan Buruk Perempuan yang Bikin Laki-Laki Kabur

Biasa dilakukan perempuan yang membuat pria kesal.

L’Oreal Paris Ajak Nadiem Makarim dan Najwa Shihab Beri Edukasi ‘StandUp’ Lawan Kekerasan Seksual
ShowBiz
L’Oreal Paris Ajak Nadiem Makarim dan Najwa Shihab Beri Edukasi ‘StandUp’ Lawan Kekerasan Seksual

L’oreal Paris bekerjasama dengan Kemdikbudristek, Demand dan Narasi mengadakan pelatihan intervensi kekerasan seksual metodologi 5D.