Waspadai Jenis Alergi yang Orang Jarang Disadari

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 02 Oktober 2019
Waspadai Jenis Alergi yang Orang Jarang Disadari
Alergi bisa menyebabkan kematian (Foto: Pixabay/Parentingupstream)

ALERGI memang umum terjadi pada sebagian orang. Kebanyakan dari mereka mengidap alergi tertentu seperi makanan laut atau produk yang mengandung susu. Reaksinya pun beragam. Ada yang hanya gatal biasa. Ada juga reaksi yang mengakibatkan tertutupnya saluran pernapasan. Bahkan alergi bisa menyebabkan kematian jika tidak cepat ditangani. Tetapi kini sudah banyak obat alergi beredar di pasaran.

Melansir dari benenden.co.uk, ada beberapa jenis alergi yang jarang diketahui banyak orang. Gejalanya sama seperti alergi pada umumnya, tetapi penyebabnya seringkali tidak terdeteksi. Sebaiknya kamu melakukan test alergi se dini mungkin agar jika terjadi pun kamu sudah mengetahui cara mengatasinya.

Baca Juga:

Menangis Bikin Lelah Tapi Menghilangkan Stres

1. Sentuhan

sentuhan
Orang lain belum tentu lebih bersih dari kita (Foto: Pixabay/jarmoluk)


Pernah mengalami gatal-gatal luar biasa? Atau tiba-tiba kamu pingsan tanpa sebab dan terdapat ruam merah di sekujur tubuh? Beberapa orang mengalami hal ini. Ternyata bersentuhan dengan orang asing bisa menimbulkan alergi. Jangankan dengan orang asing, dengan teman sendiri pun kemungkinan terjadi alergi juga sangat besar. Kita tidak bisa menjamin kebersihan orang lain. Selalu sedia cairan antiseptik agar tubuh selalu higienis.

2. Air

air
Sayang yang mengidap alergi air tak bisa traveling alam. (Foto: Pexels/Oliver Sjöström)


Meskipun alergi ini masuk kategori langka. Namun bersentuhan dengan air menjadi petaka yang membawa alergi ini. Orang yang mengidap alergi air tidak bisa mandi sama sekali. Rasa gatal serta beruntusan muncul jika terkena air. Sayangnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan alergi ini meskipun ada salep yang bisa mengurangi rasa gatal.

Baca Juga:

Ada 3 Jenis Sakit Kepala, Kenali Perbedaannya

3. Sinar Matahari

alergi
Penderita alergi sinar matahari seperti vampire saja. (Foto: Pexels/Pixabay)


Beberapa orang memang terlahir dengan epidermis yang sangat sensitif. Bahkan mereka bisa mengalami alergi hanya karena terpapar sinar matahari. Tubuh orang penderita alergi sinar matahari akan mengeluarkan histamine yang membuat reaksi alergi terjadi. Akibatnya bisa timbul ruam merah atau pingsan. Penggunaan tabir surya dengan SPF tinggi bisa bantu mencegah terjadinya alergi. Mungkin sebenarnya vampire dan dracula mengidap alergi jenis ini.


4. Olahraga

perempuan
Alergi olahraga bisa menyebabkan gangguan pencernaan (Foto: Pixabay/StockSnap)


Olahraga memang menyehatkan tubuh. Kamu perlu menggerakan tubuh secara berkala untuk mengurangi kadar lemak dan mengeluarkan sel radikal melalui keringat. Tetapi ternyata ada orang yang mengidap alergi olahraga. Reaksinya berupa muncul beruntusan di sekujur kulit dan pencernaan menjadi tidak lancar. Bahkan ada beberapa yang sampai tak sadarkan diri karena saluran pernapasannya tertutup. (mar)


Baca Juga:

Berendam Dalam Bathtub Bisa Mengurangi Stres, Ini Alasannya

#Alergi #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan