Waspadai Gangguan Kesehatan ini Bila Kamu Gampang Ngantuk Hati-hati kalau badan terus terasa lemas dan mengantuk. (Foto: Unsplash/Bruno Aguirre)

KAMU orang yang mudah ngantuk? Menguap terus dan merasa lelah sepanjang hari? Merasa kurang tidur? Faktanya, tidak seringan itu loh guys! Bisa jadi tubuh tengah mengirimkan sinyal adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Kira-kira gangguan kesehatan apa ya yang sedang mengacaukan tubuh kamu? Cek yuk!

Baca Juga:

Biar Sehat, Baca Buku Yuk Sebelum Tidur!

1. Anemia

sehat
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan lelah dan kantuk. (Foto: Unsplash/Christian Erfurt)


kekurangan zat besi bisa menjadi salah satu faktor mengapa kamu selalu merasa lelah dan mengantuk. Hal ini menyebabkan sel darah merah berkurang atau berada di bawah batas normal. Gejala ini disebabkan oleh jantung yang bekerja lebih keras karena harus memindahkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.


2. Obesitas

sehat
Kelebihan berat badan membuat otot bekerja keras. (Foto: Unsplash/i yunmai)


Obesitas adalah kondisi seseorang memiliki kelebihan berat badan yang berakhir dengan meningkatkan risiko kelelahan. Hal itu bisa disebabkan membawa beban lebih banyak sehingga sendi dan otot harus bekerja ekstra. Rasa kantuk juga akan semakin parah ketika mengonsumsi gula.

Baca Juga:

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih

3. Diabetes

sehat
Jagalah kadar gula dalam tubuh. (Foto: Unsplash/Kate)

Selain sering buang air kecil, pemulihan luka yang lama, dan pandangan kabur, hal lain yang bisa mengidentifikasi diabetes adalah rasa ngantuk dan lelah berlebih karena kurangnya hormon insulin atau mengalami resistensi insulin. Hal lain yang bisa membuat seorang yang terkena diabetes semakin merasa lelah apabila ia mengalami kegemukan atau obesitas.


4. Depresi

sehat
Carilah tenaga profesional untuk kesembuhan sakit mental. (Foto: Unsplash/Warren Wong)

Masalah mental juga bisa mempengaruhi keseharian kita. Mulai dari jam tidur yang berantakan atau jam makan yang tidak teratur. Bila merasa depresi akan ada baiknya segera konsultasi pada profesional medis agar tidak semakin memperparah kondisi kesehatan.(lio)


Baca Juga:

Cegah GERD dengan 5 Cara Ini



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH