Kesehatan Mental

Waspadai Copycat Suicide, Bunuh Diri Dipicu Figur Publik Dunia

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 10 September 2020
Waspadai Copycat Suicide, Bunuh Diri Dipicu Figur Publik Dunia
Para fan yang sedih bisa jadi copycat suicide. (foto: Unsplash/ian)

DEPRESI dianggap sebagai satu-satunya pemicu seseorang memilih untuk mengakhiri hidupnya. Namun ternyata, ada fenomena lain yang memengaruhi seseorang memilih untuk bunuh diri. Fenomena tersebut ialah copycat suicide.

Menurut jurnal ilmiah Age and Sex Subgroup Vulnerable ro Copycat Suicide: Evaluation of Nationwide data in South Korea oleh Hwang Jung-eum, copycat suicide (perilaku bunuh diri tiruan) terjadi setelah terpapar bunuh diri lain. "Terutama, paparan laporan media tentang bunuh diri seorang selebriti memberikan efek peniru yang cukup besar pada individu yang berisiko," ungkap Jung-eum.

BACA JUGA:

Kelainan Mental yang Berpotensi Melakukan Bunuh Diri


Hal senada disampaikan oleh psikolog dan suicidologist Benny Prawira MPsi.
"Penggambaran bunuh diri asli yang ditampilkan di televisi dan media lain tersebut dibuat sedemikian sensasional dengan informasi yang tidak benar," urai pendiri Yayasan Advokasi Pencegahan Bunuh Diri dan Kesehatan Jiwa, Into The Light, tersebut.

Ia menjelaskan kematian yang disensasionalkan yakni bagaimana berita tersebut diviralkan dan digembar-gemborkan. "Peliputannya jauh lebih lama," ujarnya.

Benny mengatakan, jika kematian tersebut melibatkan orang awam, efek yang dirasakan bertahan selama dua minggu. Apabila sosok yang bunuh diri adalah seorang publik figur efek yang ditimbulkan lebih lama dan lebih dahsyat. "Bisa tiga kali lipat," cetusnya.

kim jong-hyun
Lagu-lagu Kim Jong-hyun menjadi inspirasi penggemarnya untuk selalu semangat namun ia memilih bunuh diri (Sumber: SM Entertainment Official)

Orang-orang yang menjadi copycat suicide biasanya ialah fans yang patah hati. Biasanya mereka yang copycat suicide struggle dengan masalah mental yang sama (lebih berat) dan publik figur tersebut menjadi sumber inspirasinya. Ketika idola tersebut bunuh diri mereka juga merasa tidak punya harapan lagi dan memilih menempuh cara yang sama yakni bunuh diri.

Beberapa publik figur yang menjadi 'inspirasi' para copycat suicide misalnya idola Korea seperti Kim Jong-hyun SHINee dan Sulli atau artis Hollywood seperti Robin William dan Heath Ledger.

"Bayangkan, artis yang terkenal lucu seperti Robin William saja memilih bunuh diri bagaimana dengan orang biasa yang punya banyak masalah. Begitu pikir mereka," jelas Benny.

Upaya pengendalian copycat suicide dimulai dari media yang lebih memerhatikan kode etik jurnalisme. Beberapa media dari sejumlah negara seperti Brasil, Norwegia, Turki hingga Australia menerapkan jurnalisme yang tegas perihal kasus bunuh diri.

"Bunuh diri dan percobaan bunuh diri secara umum tidak boleh disebutkan," demikian aturan jurnalisme yang berlaku di Brasil dan Norwegia.

robin williams
Mereka yang berpotensi copycat suicide berpikir Robin William yang terkenal lucu pun memilih bunuh diri (Sumber: Hollywood Reporter)

Sementara itu, Turki memiliki aturan yang lebih detil perihal peliputan berita bunuh diri di negaranya. Dalam kasus bunuh diri, menerbitkan atau menyiarkan informasi dengan cara yang berlebihan dan melampaui dimensi normal pelaporan dengan tujuan mempengaruhi pembaca atau penonton tidak boleh terjadi. Fotografi, gambar visual atau film yang menggambarkan kasus bunuh diri tidak boleh dipublikasikan.

Australia adalah salah satu dari sedikit negara di mana memiliki upaya bersama untuk mengajar siswa jurnalisme tentang subjek ini. Suicide Prevention Australia dan Institut Australia untuk Penelitian dan Pencegahan Bunuh Diri memberikan pelatihan bagi jurnalis tentang cara melaporkan masalah terkait bunuh diri. Pelatihan serupa juga dilakukan oleh Mediawire, sebuah badan amal berbasis di Inggris.(Avia)

*Depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

BACA JUGA:

7 Mitos dan Fakta Tentang Bunuh Diri, Pernah Dengar?

#Bunuh Diri #Kesehatan Mental #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan