Kecantikan

Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 23 November 2020
Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup
Makeup jadi senjata andalan bagi perempuan untuk tampik cantik. (Unsplash/Amy Shamblen)

SEORANG perempuan pasti ingin selalu tampil cantik dan menarik setiap harinya. Hal itu membuat banyak perempuan tak bisa lepas dari makeup. Riasan wajah menjadi andalan hampir semua perempuan untuk menutupi kekurangan di wajah seperti jerawat, flek hitam, kulit tidak rata, dan lain-lain.

Sehingga sudah menjadi hal yang sangat wajar jika seorang wanita memakai make up setiap hari. Namun perlu diketahui, bahwa terlalu sering menggunakan make up justru dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah.

Baca juga:

Berhenti Pakai Makeup Jadi Lebih Muda

Dilansir dari laman The List, berikut dampak dan efek merugikan yang bisa kamu alami jika terlalu sering menggunakan makeup.

1. Pori-pori Tersumbat

Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup
Pori-pori akan menyerap makeup dan menjadi tersumbat. (Foto: skincare)

Terlalu sering menggunakan makeup mampu menutup pori-pori wajah, sehingga itu sulit untuk bernapas. Hal ini akan memunculkan timbulnya jerawat, karena pori-pori akan penuh dengan debu kotoran minyak dan makeup.

Menurut pakar kecantikan Diane Elizabeth, jika wajah terlalu sering ditutupi oleh foundation dan makeup lainnya, pori-pori akan menyerap makeup dan membuatnya tersumbat.

2. Timbulnya Infeksi Kulit

Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup
Menjaga kebersihan alat make up untuk mengurangi adanya kuman. (Foto: insider)

Menjaga kebersihan kulit wajah menjadi suatu hal yang sangat penting. Namun selain memperhatikan kebersihan kulit wajah, alat dan tempat makeup juga harus dijaga kebersihannya.

Jika alat makeup kotor, maka bisa menjadi tempat berkembang biak kuman. Hal itu tentu mampu membuat kulit terinfeksi dan memunculkan bintik merah di wajah.

Baca juga:

3 Tips Simpel Tetap Terlihat Cantik ketika Zoom ala Artis

3. Munculnya Kerutan Pada Wajah

Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup
Mampu membuat kulit wajah keriput. (Foto: tipstoremember)

Semakin sering menyentuh kulit dan merias wajah, semakin besar resiko untuk mebuat kulit wajah menjadi keriput. Dilansir dari laman Glamour, dokter kulit Jessica Weiser mengatakan terlalu sering menggosok dan menarik kulit halus di sekitar mata, dapat menyebabkan kelopak mata kehilangan elastisitas dan menjadi lebih keriput.

4. Memicu Kanker Kulit

Waspadai Bahaya Nyata Akibat Terlalu Sering Pakai Makeup
Memakai make up memicu terjadinya kanker kulit. (Foto: today)

Terlalu sering memakai makeup secara dan dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu terjadinya kanker kulit. Hal ini dikarenakan setiap produk makeup memiliki kandungan zat kimia.

Dengan adanya zat kimia tersebut, maka dapat mengumpulkan sel-sel kanker yang mampu menjadi racun pada kulit wajah. (shf)

Baca juga:

Makeup Tetap On Meski Pakai Masker

#Kecantikan #Info Kecantikan #Makeup
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan