Waspadai 3 Penyakit ini Saat Berhaji

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 26 Juli 2017
Waspadai 3 Penyakit ini Saat Berhaji
Cuci tangan sebelum makan agar terhindar dari penyakit kolera. (Foto: ANTARA/Moch Asim)

ANDA akan berhaji tahun ini? Kalau begitu, jaga kesehatan dengan baik agar tidak sakit selama menjalankan ibadah haji. Imbauan ini disampaikan pula oleh Kementerian Kesehatan.

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka, ada dua kelompok penyakit yang biasa diderita jamaah haji. Pertama, penyakit yang dibawa dari Tanah Air. Kedua, penyakit yang didapat ketika di Arab Saudi.

"Jika tidak dikendalikan dengan baik, bisa bertambah parah. Jamaah sakit berat, dan menyebabkan kematian," ujarnya baru-baru ini.

Sederet penyakit yang biasanya telah diderita selama di Indonesia ialah diabetes, hipertensi dan jantung. Penyakit-penyakit itu berpotensi makin parah saat di lokasi berhaji. Selain itu, ada pula beberapa penyakit yang didapatkan selama di Arab Saudi. Berikut tiga penyakit yang harus Anda waspadai selama berhaji.

1. MERS-CoV

Ini adalah penyakit saluran pernafasan akibat virus dari binatang yang terkontaminasi. "Biarpun orangnya kuat, tapi ketika terkena virus ini di sana tetap saja sakit," terang Eka.

Untuk mencegah tertular penyakit ini, Anda disarankan tidak bermain dengan binatang selama di Arab Saudi.

2. Heat stroke

Anda perlu mewaspadai penyakit ini karena paling sering diderita jamaah haji. Arab Saudi memang telah lama terkenal dengan temperaturnya yang lebih tinggi daripada Indonesia.

Nah, heat stroke ini adalah serangan stroke akibat terpapar sinar matahari yang amat menyengat dan panas. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan banyak minum.

3. Kolera

Penyakit yang juga perlu diwaspadai ialah kolera. Penyakit ini sebenarnya banyak muncul di Yaman yang posisinya berdekatan dengan Arab Saudi. Kolera menular apabila Anda tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik.

Agar tidak tertular kolera, Anda wajib cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar. Kemudian, cuci tangan setelah menggunakan kloset di kamar mandi umum. Kemudian, Anda juga sebaiknya membeli buah yang ada kulitnya seperti pisang.

Saat berhaji, jangan lupa lakukan tindakan antisipasi agar terhindar dari tiga penyakit tersebut ya. (*)

Baca juga artikel Puasa 5 Hari Bisa Usir Penyakit Diabetes Dan Cardiovascular.

#Penyakit #Arab Saudi
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan