Waspada Ular di Musim Hujan, Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit! Jangan salah menangani gigitan ular. (Foto: Pixabay/antriksh)

KEMUNCULNYA ular di pemukiman penduduk akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat, apalagi di musim hujan. Kerumumunan ular mencari tempat yang lebih aman untuk melindungi diri. Tetapi sayangnya bentrokan ini justru mengancam keselamatan manusia. Karena beberapa jenis ular memiliki bisa atau racun yang sangat mematikan. Bisa ular yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan menimbulkan rasa sakit seperti terbakar. Area bekas gigitan akan bengkak dan memar.

Baca juga:

Waspada Ular Masuk Rumah saat Musim Hujan, Cegah Segera!

Melansir laman mayoclinic, jangan khawatir! Kebanyakan ular tidak memiliki bisa. Hanya sekitar 15% jenis ular yang dikenal memiliki bisa mematikan. Tetapi habitatnya jauh dari pemukiman penduduk. Kamu bisa mengenali jenis ular berbisa atau tidak melalui warna kulitnya. Gigitan ular biasa dan berbisa tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda. Simak ulasan berikut ini.

1. Jangan Bergerak

Waspada Ular di Musim Hujan, Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit!
Diam di tempat sampai pihak medis datang. (Foto: Pixabay/cm_dasilva)

Banyak orang salah kaprah mengenai cara menangani gigitan ular berbisa. Mitos yang biasa beredar di tengah masyarakat adalah gigitan ular harus segera disedot atau diikat agar racun tidak menyebar lebih jauh.

Padahal cara ini justru akan mempercepat jalannya racun atau membuat saraf di area yang diikat mati total sampai harus diamputasi.

Ketika kamu terkena gigitan ular sebaiknya jangan menggerak-gerakan area bekas gigitan. Dengan begitu racun semakin lambat bergerak.

2. Tutup Bekas Gigitan

Waspada Ular di Musim Hujan, Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit!
Luka gigitan harus ditutup. (Foto: Pixabay/saulhm)

Jangan pernah membasuh bekas gigitan ular dengan air atau mencoba kompres es batu. Area gigitan ular harus dibiarkan kering sebelum akhirnya mendapatkan pertolongan medis.

Tujuannya adalah untuk mencegah racun dari bisa ular terkontaminasi dengan zat lain sehingga akan semakin fatal reaksinya di dalam tubuh.

Baca juga:

Waspada Cacar Ular, Ini Cara Mengatasinya

3. Lepas Perhiasan

Waspada Ular di Musim Hujan, Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit!
Aliran darah tidak boleh tersumbat oleh perhiasan. (Foto: Pixabay/LUM3N)

Bengkak dan memar sudah pasti terjadi ketika mengalami gigitan ular. Maka sebaiknya kamu cepat-cepat melepaskan perhiasan yang melekat di sekitar area gigitan. Jangan biarkan bekas gigitan disumbat dengan benda apapun.

4. Lepas Pakaian

Waspada Ular di Musim Hujan, Ketahui Pertolongan Pertama saat Tergigit!
Pakaian yang terlalu sesak harus dilepas. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Tak jarang petugas medis terpaksa merobek pakaian di area terkena gigitan. Racun dari bisa ular tidak boleh dibiarkan tersumbat karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Kamu mungkin masih bisa selamat tetapi bagian tubuh yang terkena gigitan harus diamputasi. (mar)

Baca juga:

5 Cara Tolak Ular Masuk ke Rumah


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH