Kesehatan

Waspada, Tanda Hitam di Bawah Kuku Pria Pertanda Kondisi Serius pada Jantung

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 26 Juni 2019
Waspada, Tanda Hitam di Bawah Kuku Pria Pertanda Kondisi Serius pada Jantung
Tanda hitam di bawah kuku jadi pertanda penyakit jantung serius (Foto: NEJM)

SEBAGIAN dari kita mungkin pernah tahu bahwa kuku tangan bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita. Waspada, tanda hitam di bawah kuku bahkan bisa menjadi pertanda bahwa jantung kamu bermasalah, dan itu cukup serius.

Sebuah foto yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, belakangan ini menarik perhatian. Foto tersebut adalah foto tangan pasien pria berusia 48 tahun yang memiliki kondisi bernama splinter hemorrhages atau pendarahan serpihan.

Menurut jurnal yang sama, kondisi tersebut ditandai dengan munculnya tanda hitam kecil di bawah kuku dan bisa menjadi pertanda untuk kondisi kesehatan yang serius. Diantaranya kondisi yang disebut endokarditis, yang merupakan infeksi pada bilik dan katup jantung.

Endokarditis dapat terjadi jika jamur, bakteri, atau kuman lain memasuki tubuh melalui mulut atau lubang lainnya dan menyebar ke bagian jantung yang rusak.

Perdarahan terjadi ketika darah bocor dari pembuluh darah yang pecah. Pendarahan serpihan adalah garis-garis coklat kemerahan yang panjangnya satu hingga tiga milimeter dan muncul di bawah lempeng kuku seseorang, seperti penjelasan yang dikatakan American Academy of Family Physicians (AAFP).

Waspada, Tanda Hitam di Bawah Kuku Pria Pertanda Kondisi Jantung Serius
Kondisi ini biasanya ditandai garis hitam pada kuku (Foto: world health care)

Endokarditis bukan satu-satunya kondisi yang berhubungan dengan perdarahan serpihan. Menurut laporan dari ahli kulit, mereka juga bisa menjadi indikasi hemodialisis, sindrom antifosfolipid (masalah sistem kekebalan yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah), dan vaskulitis. Menurut AAFP, sekitar 20% kasus perdarahan serpihan disebabkan oleh trauma pada kuku.

Pendarahan serpihan bisa bersifat sementara atau jangka panjang: Jika darah menempel pada lempeng kuku dan bukan alas kuku, itu akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan kuku.

Tapi mungkin juga itu tetap berada di kuku jika menempel ke dasar kuku. Mereka lebih umum untuk pria dan orang-orang dengan kulit gelap. Sementara perdarahan serpihan biasanya muncul di bawah kuku jari seseorang, mereka juga dapat muncul di bawah kuku jari kaki.

Waspadalah, Jika kamu melihat perdarahan serpihan muncul di bawah kuku setelah kuku mengalami trauma, ingatlah bahwa darah hanyalah konsekuensi alami.

Jika kamu tidak pernah mengalami kecelakaan baru-baru ini dan mengalami kondisi tersebut, mungkin ada baiknya kamu melakukan percakapan singkat dengan dokter untuk memastikan tidak ada hal lain yang terjadi pada tubuh. (ADP)

#Kesehatan #Sakit Jantung #Jantung
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan