Waspada, Sakit Di Rahang Gejala Serangan Jantung Rahang memiliki keterkaitan dengan jantung (Foto: dentrixdentalcare)

SERANGAN jantung bisa datang tiba-tiba. Bahkan bagi orang yang sehat sekalipun. Meskipun tidak ada riwayat penyakit jantung secara mendadak seseorang bisa mengalami hal ini. Misalnya usai berolahraga serangan jantung terjadi. Pertolongan yang lambat pun berujung kepada kematian.

Namun, mungkin saja sebenarnya seseorang memiliki gejala serangan jantung tanpa mereka sadari. Seperti yang dilansir dari Express, gejala penyakit jantung dapat terlihat saat seseorang mengalami sakit di beberapa bagian tubuh. Dalam hal ini termasuk bagian rahang.

Dokter Suzanne Steinbaum, Direktur Jantung dan Institut Vaskular di Lenox Hill Hospital, New York City mengatakan jantung yang tidak bekerja 100%, akan memberikan pengaruh rasa sakit pada bagian tubuh. Akibatnya penderita akan merasakan rasa sakit dan nyeri tiba-tiba pada bagian leher, rahang, hingga punggung.

Rasa sakit pada bagian tubuh akan terjadi pada gejala serangan jantung (Foto: Pixabay/Pexels)

Bagi yang memiliki jantung lemah akan terasa sekali saat berolahraga. Dokter Suzanne pun mengaku memiliki pasien yang mengalami sakit di rahang saat melakukan treadmil. Namun, setelah berhenti treadmill, rasa sakit pada rahang itu hilang. "Dia (pasien) pun pergi ke dokter gigi. Namun ternyata tidak ada masalah pada giginya," ungkapnya.

Akhirnya, rasa tidak nyaman pada rahang itu pun berujung kepada serangan jantung. Karena hal ini Dr Suzanne menegaskan bahwa rahang dan jantung memiliki keterkaitan dalam masalah kesehatan.

Selain itu, jika marasakan rasa sakit pada punggung atas dan bawah juga merupakan adanya indikasi serangan jantung. Gejala ini menunjukkan bahwa otot pada jantung seseorang lemah. Ditambah lagi jika ditemukan adanya gejala mual dan sesak nafas.

Sakit di punggung juga gejala serangan jantung (Foto: Pixabay/WolfBlur)

Umumnya serangan jantung memiliki gejala rasa sakit berupa nyeri di dada. Rasa nyeri itu seakan menjalar ke lengan bagian kiri. Beberapa pasien serangan jantung juga mengalami gangguan pencernaan.

Tidak hanya itu gejala serangan jantung tidak melulu terlihat melalui fisik. Secara mental seseorang juga dapat dikatakan memiliki indikasi serangan jantung. Misalnya perasaan yang lemah dan tentunya rasa cemas yang sangat berlebihan.

Jika merasakan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Lebih baik kamu salah mengira daripada nantinya kamu malah mengalami penyakit serius. Dokter akan memberikan pertolongan pertama. (ikh)

Baca juga: Berhubungan Seks Bisa Bikin Serangan Jantung?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH