Waspada, Ratusan Hoaks Beredar Terkait Corona

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 09 Maret 2020
Waspada, Ratusan Hoaks Beredar Terkait Corona
Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di RS Hasan Sadikin, Bandung. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/hp.

MerahPutih.com - Hoaks seputar virus corona yang beredar di Indonesia semakin banyak. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan 177 jenis hoaks seputar virus corona hingga 8 Maret 2020.

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, hoaks yang menyebar ini menyangkut banyak hal.

Baca Juga:

Dihantam Kasus Hoaks Corona, Fahira Idris Ngaku Punya Hak Imunitas

"Ada yang terkait disinformasi dan ada juga yang dikaitkan dengan mistik-mistik. Ada juga yang dikaitkan dengan Illuminati," kata Semuel di kantor Kominfo di Jakarta, Senin (9/3).

Ratusan hoaks yang tersebar di masyarakat ini dianggap menggangu ketertiban umum dan meresahakan. Bahkan, Kominfo telah menyeret lima kasus hoaks seputar virus corona ke ranah hukum.

Antispasi virus corona. (Ant)
Antispasi virus corona. (Ant)

Pria yang kerap disapa Semmy ini mengatakan, kasus yang dibawa ke kepolisian ini dua telah diproses di Polda Kalimantan Barat, dua di Polda Kalimantan Timur dan, satu di Polda DKI Jakarta.

"Kasusnya karena kebangetan, karena mendesain, ingin menciptakan suasana tidak kondusif, ya kita langsung proses," kata Semmy.

Baca Juga:

Apple dan Google Awasi Ketat Aplikasi Guna Cegah Hoaks Seputar Corona

Semmy menambahkan, saat ini kasus hoaks virus corona di Indonesia belum masif. Tapi, hoaks ini telah menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Ia mencontohkan, naiknya harga jahe dan bawang bombai yang dipicu klaim bahwa dua bumbu dapur ini bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan virus corona.

"Sifatnya masih belum, tapi kepanikannya ini yang mengkhawatirkan. Kepanikan kan mendatangkan rusuh, nanti orang kalap semua," jelas dia. (Knu)

Baca Juga:

Kominfo Gandeng Polisi Tindak Para Penyebar Hoaks Virus Corona

#Virus Corona #Penyebar Hoaks
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan