Waspada, Perilaku Lucu Anjing Berikut Ini Justru Pertanda Masalah Kesehatan Ilustrasi anjing peliharaan. (Foto: MP/Andrew)

ANJING memang dikenal sebagai hewan yang setia terhadap pemiliknya serta kerap menunjukkan perilaku lucu dan menggemaskan untuk menyampaikan perasaannya. Tak jarang perilaku tersebut mengundang tawa dan rasa gemas terhadap anabul dan menganggapnya sekadar kebiasaan anjing saja.

Tindakan atau perilaku yang ditunjukkan oleh anjing memang menandakan perasaan yang sedang dialaminya, namun manusia kerap melihatnya hanya sekadar perilaku lucu saja. Padahal tak jarang perilaku yang ditunjukkan menandakan perasaan yang tidak baik seperti sedih, tidak nyaman, gelisah, dan masalah kesehatan.

Baca Juga:

Alasan Anjingmu Perlu Disteril Sejak Usia Dini

Agar tidak salah paham, berikut adalah sejumlah perilaku lucu anjing yang perlu diwaspadai menandakan masalah kesehatan.

1. Nafas bau saat menguap

Ilustrasi anjing menguap. (Foto: Unsplash/Robert Gramner)

Melihat anjing menguap pasti mengundang rasa gemas karena terlihat lucu, namun sebagai pemilik yang bertanggung jawab kamu perlu lebih waspada terhadap bau nafasnya. Nafas anjing yang bau bisa terkait dengan masalah pencernaan, ginjal, dan hati. Misal bila berbau urin maka mungkin anjing memiliki masalah pada ginjal.

2. Menggigit

Ilustrasi anjing menggigit. (Foto: Unsplash/Kobi Kadosh)

Perilaku anjing yang suka menggigit sebetulnya wajar saja bila masih kecil atau dalam masa pertumbuhan, terutama saat giginya hendak lepas. Namun bila masih terus terjadi hingga kerap merusak furnitur di dalam rumah maka kamu perlu membawanya ke pelatih profesional atau dokter hewan.

Baca Juga:

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Anjing Agar Tetap Sehat

3. Berputar mengejar ekor

Ilustrasi anjing berlari. (Foto: Unsplash/Robin Jonathan Deutsch)

Anjing yang terus menerus berputar mengejar ekornya kadang terlihat lucu, namun perilaku tersebut bisa menandakan banyak hal. Bila sesekali bisa jadi anjing kamu hanya bosan, namun bila terus menerus tak berhenti maka bisa jadi terdapat masalah infeksi telinga yang membuatnya terus melakukan gerakan berputar.

4. Terengah-engah

Ilustrasi anjing terengah-engah. (Foto: Unsplash/Martin Castro)

Sebagian besar panas hingga keringat anjing memang dikeluarkan dari mulut, dan perilaku ini normal terjadi pada anjing besar dan berbulu lebat. Namun pastikan kamu tetap menanganinya dengan serius seperti segera memberi air minum agar tidak mengalami dehidrasi terutama di tengah cuaca panas.

5. Selalu berada di dekat kaki pemiliknya

Ilustrasi anjing berada dekat pemiliknya. (Foto: Unsplash/CJ Infantino)

Bagi pemilik anabul melihat peliharaannya selalu berada ingin berdekatan mungkin suatu hal yang normal dan lucu-lucu saja. Namun perilaku tersebut bisa menandakan rasa cemas sehingga selalu ingin berada dekat dengan pemiliknya. Kecemasan pada anjing juga perlu diatasi, bawa ke pelatih profesional bila untuk mendapat penanganan optimal.

Baca Juga:

Aneh-Aneh Kebiasaan Anjing

6. Menyeret bokong

Ilustrasi anjing duduk. (Foto: Unsplash/Christof W.)

Perilaku yang satu ini cukup sering dianggap lucu dan hanya kebiasaan anjing yang konyol dan menggemaskan, padahal tidak sama sekali. Anjing yang suka menyeret bokongnya bisa jadi menandakan adanya masalah pada anus atau kantung anusnya. Bisa jadi terdapat iritasi pada anus atau kantung anus terlalu penuh sehingga perlu dikeluarkan.

Itulah lima perilaku lucu anjing yang perlu kamu waspadai karena tak selalu hanya sekadar kebiasaan yang menggemaskan. Bisa jadi perilaku yang terlihat lucu tersebut justru menunjukkan tanda-tanda masalah kesehatan yang perlu segera ditangani dengan serius. (WAF)

Baca Juga:

Anjing Cerminan Kesehatan Pemiliknya

Kanal