Waspada, Peretas Kartu Kredit Bisa Bersembunyi Dalam Gambar Peretas menggunakan modus baru untuk membobol kartu kredit (Foto: pixabay/B_A)

BANYAK orang yang memilih menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan gaya hidup. Karena dapat 'meminjam uang' dengan mudah, dan dibayarkan dalam tempo sekitar 3-12 bulan. Namun untuk kamu yang kerap berbelanja menggunakan kartu kredit kamu patut waspada.

Belum lama ini peneliti keamanan di Malwarebytes menemukan sebuah modus baru yang digunakan oleh para peretas, untuk mencuri data kartu kredit dengan skimmer. Yakni dengan menyembunyikannya di dalam gambar.

Para peretas biasanya akan menyusupkan malware pada situs toko online, yang nantinya digunakan untuk mencuri data kartu kredit dari para korban. Setelah itu mengirimkan data curiannya pada peretas tersebut. Tapi, yang ditemukan oleh Malwarebytes belum lama ini berbeda, yakni menggunakan gambar.

Baca Juga:

YouTube Uji Coba Fitur 'Mirip' TikTok

Peretas menggunakan modus baru untuk menyembunyikan kode skimmer (Foto: pixabay/thedigitalway)

Seperti yang dilansir dari laman Techspot, modus mereka yakni dengan menyembunyikan kode skimmer itu dalam metadata sebuah gambar, yang kemudian disusupkan pada toko online si korban.

Metadata atau Exchangeable Image Filme Format (EXIF) merupakan sebuah tempat penyimpanan sejumlah informasi tentang sebuah foto, seperti pengaturan kamera, jenis lensa yang dipakai, lokasi dan sebagainya.

Tetapi dalam kasus ini para peneliti mendapati peretas itu menyusupkan kode JavaScript, untuk skimmer lewat barus copyright di metadata.

Baca Juga:

Twitter Berantas Penyebar Teori Konspirasi 5G Virus Corona

Skimmer kartu kredit (Foto: malwarebytes)

Usai diaktifkan, skimmer tersebut akan mengambil data dari toko online tempat para konsumennya memasukan data penting. Antara lain Nama, Alamat serta detail kartu kreditnya.

Uniknya, data yang telah dicuri itu juga akan dikirim pada si peretas dalam bentuk gambar. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kecurigaan dari pihak toko online. (Ryn)

Baca Juga:

Facebook Akan Tindak Tegas Unggahan dari Poltisi yang Langgar Aturan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH