Waspada Pencurian Data! Ini Fakta Tentang Kebijakan Privasi di Instagram Cermat membaca kebijakan privasi di Instagram (Sumber: The Verge)

SEBUAH pesan meresahkan para pengguna Instagram di akhir Agustus 2019. Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa Instagram bisa menggunakan postingan pribadi atau yang telah dihapus oleh para pengguna untuk kasus hukum dan litigasi di masa mendatang. Beruntungnya itu semua adalah kabar hoaks. Seorang perwakilan Facebook mengonfirmasi bahwa kebijakan privasi Instagram masih sama seperti sebelumnya.

Pada kenyataannya, warganet Indonesia tak peduli dengan perubahan kebijakan privasi di Instagram. Masyarakat Indonesia cenderung mengabaikan isi kebijakan privasi tersebut. Tanpa membaca seluruh informasi, para pengguna langsung menyetujui apapun yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:

Trik Sukses Bisnis Tanpa Modal di Instagram

Padahal, kebijakan privasi penting untuk diketahui karena memberi informasi pada kita semua bagaimana Instagram menggunakan data pribadi kita, hingga bagaimana aplikasi dapat dipergunakan untuk membantu kita dalam mengakses profil setelah masuk. Berikut fakta tentang kebijakan privasi Instagram yang perlu kita ketahui:

1. Bagaimana Instagram Menggunakan Data Kita?

Data Instagram
Instagram menggunakan data pribadi kita (Sumber: The Verge)

Instagram akan menggunakan informasi kita untuk membantu kita dalam mengakses profil setelah masuk dan menyediakan konten yang dipersonalisasi. Pihak Instagram juga berjanji untuk mengembangkan produk baru mereka, memantau metrik, mendiagnosis masalah, memperbarui aplikasi, dan memberikan penawaran kusus.

BACA JUGA:

Cara Filter Komentar Nyinyir di Instagram

2. Instagram dapat Membagikan Informasi Kita

Data pribadi di Instagram
Membagikan data di Instagram (Sumber: Variety)

Semua posting yang kita unggah di Instagram dapat dibagikan kepada publik. Instagram dapat membagikan beberapa informasi seperti cookie dan pengidentifikasi perangkat kepada pihak yang secara hukum berada di grup yang sama dengan Instagram.

Selain itu, Instagram juga dapat berbagi informasi dengan pihak yang membantu Instagram menyediakan layanan tertentu. Penyedia layanan dapat menerima info seperti cookie, file log, dan data lokasi kita dengan persyaratan rahasi yang masuk akal.

Namun Instagram menegaskan bahwa aplikasi ini takkan menyewakan atau menjual informasi kta kepada pihak ketiga tanpa persetujuan kita.

3. Sikap Instagram Terhadap Pihak yang Meminta Data Kita

Data pribadi di Instagram
Sikap Instagram terhadap orang yang meminta data kita (Sumber: Time Magazine)

Instagram bisa mengakses, menjaga dan berbagi informasi kita. Walau demikian, juru bicara mengungkapkan bahwa Instagram akan tetap melindungi data kita secara menyeluruh. "Kami tidak akan menghapus konten Instagram hanya karena penegak hukum meminta kami melakukannya," tegas perwakilan Facebook untuk Instagram, Rabu (21/8).

Menurutnya, pendekatan Instagram terhadap konten yang diungah d Instagram adalah untuk mengevaluasi berbagai situasi agar sesuai dengan kebijakan mereka.

BACA JUGA:

Influencer Instagram Dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH