Headline

Waspada, Nunukan Disebut Rawan Radikalisme

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 06 Januari 2018
Waspada, Nunukan Disebut Rawan Radikalisme
Suasana di Nunukan, Kalimantan Utara (ANTARA FOTO/M Rusman)

MerahPutih.Com - Sebagai wilayah perbatasan, Kabupaten Nunukan rawan dengan segala macam pengaruh yang berasal dari luar. Nunukan berbatasan langsung dengan Malaysia. Kondisi ini membuat daerah di Kalimantan Utara tersebut menjadi jalur keluar masuknya kelompok radikalisme dari dan ke Filipina.

Komandan Kodim 0911 Nunukan Letkol CZi Abdillah Arif di Nunukan, Sabtu (6/1) menyatakan pihaknya senantiasa siap siaga dalam setiap saat guna memantau wilayah perbatasan dari pemanfaatan kelompok radikal.

Kerawanan tersebut karena banyaknya jalur ilegal yang dapat dimanfaatkan kelompok tertentu sebagai jalur keluar masuk karena dianggap tidak terpantau.

Letkol Abdillah Arif sebagaimana dilansir Antara tidak menampik, Kabupaten Nunukan yang berada di tapal batas dijadikan jalur bagi kelompok radikalisme menuju Filipina melalui Malaysia.

Untuk menjaga wilayah kerjanya, Kodim 0911 Nunukan terus menjalin komunikasi dengan aparat kepolisian RI dan Malaysia terkait masalah terorisme atau radilkalisme tersebut.

Komunikasi yang dijalin dengan negara tetangga berhubungan saling tukar informasi.

"Memang saat ini kami waspadai terorisme dari negara tetangga Filipina yang bisa saja masuk ke Indonesia melalui Nunukan," beber Abdillah.

Letkol Abdillah mengatakan, selama ini pihaknya terus memantau kondisi di wilayah kerjanya sebagai antisipasi dijadikan celah bagi jaringan kelompok terorisme menyeberang ke Malaysia tujuan Filipina melalui jalur laut masuk ke Kabupaten Nunukan.

Tidak tertutup kemungkinan, pasca kekalahan kelompok ISIS di Pulau Marawi Filipina kelompoknya melarikan diri masuk Indonesia melalui Kabupaten Nunukan. Oleh karena itu, penjagaan dan pengawasan jalur perbatasan terus dipantau dan diawasi dengan seksama.

Hal ini pula berkaitan dengan penangkapan seorang warga Tasikmalaya, Jabar berinisial RN (25) yang masuk Jaringan Anshorut Daulah (JAD) diduga kelompok jaringan terorisme Filipina pada 31 Desember 2017 di Kelurahan Nunukan Tengah Kabupaten Nunukan.

Nunukan disebut rawan karena menjadi jalur keluar masuk atau persinggahan atau dijadikan pos bagi kelompok radikalisme yang hendak keluar atau masuk Indonesia.(*)

#ISIS #Jaringan Teroris #Radikalisme
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan