Waspada, Makanan ini Beracun untuk Anabul Kamu Reaksi terhadap makanan beracun bagi anjing bervariasi tergantung pada jenis makanan. (Foto: freepik/freepik)

MESKIPUN kamu sayang sekali dengan anak bulu (anabul)-mu, pikir ulang jika ingin memberi makanan dari piringmu. Berbagi makanan dengan anjing kesayangan bisa berbahaya karena ada banyak makanan yang beracun bagi anabulmu.

“Setiap spesies memiliki kebutuhan yang berbeda, dan hewan tidak memetabolisme makanan dengan cara yang sama seperti kita,” kata Deborah Linder, DVM, MS, DACVIM, ahli gizi hewan bersertifikat di Cummings School of Veterinary Medicine di Tufts University, AS.

BACA JUGA:

Mengetahui Karakter Anjing dari Gaya Tidurnya

“Makanan yang baik untuk kamu mungkin tidak untuk anjing, bahkan untuk hewan peliharaan yang sehat. Asumsikan makanan manusia tidak boleh diberikan kepada anjing, kecuali kamu mengetahui informasi terpercaya yang mengatakan sebaliknya,” ujar Linder seperti diberitakan Prevention.

anjing
Berhati-hatilah jangan sampai menjatuhkan makanan saat memasak, dan jangan pernah meninggalkan makanan. (Foto: freepik/freepik)

Reaksi terhadap makanan beracun bagi anjing bervariasi tergantung pada jenis makanan, ukuran anjing piaraanmu, dan seberapa banyak yang tertelan. “Zat beracun dapat menyebabkan reaksi merugikan ringan, seperti sakit perut, hingga yang parah, seperti kematian,” kata Senior Director ASPCA Animal Poison Control Center AS Tina Wismer, DVM.

Dia menambahkan, terkadang satu gigitan bisa membuat anjing sakit, tetapi menelannya dalam jumlah besar bisa berakibat fatal. “Waktu dapat menjadi sangat penting dan sampai ke dokter hewan secepat mungkin, sebaiknya sebelum makanan meninggalkan lambung, adalah yang terbaik,” kata Linder.

Berikut beberapa makanan manusia yang dapat menjadi racun jika dikonsumsi anjing.

1. Cokelat, kopi, dan teh yang mengandung theobromine dan kafein, jenis methylxanthines. Methylxanthines dapat menyebabkan muntah dan diare, terengah-engah, haus dan buang air kecil yang berlebihan, hiperaktif, irama jantung yang tidak normal, tremor, kejang, dan kematian.

2. Bawang bombay, daun bawang, dan bawang putih yang dapat menyebabkan iritasi pencernaan dan dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dan anemia karena adanya N-propil disulfida.

BACA JUGA:

Mengapa Anjing Suka Berputar-putar Sebelum Buang Air Besar

3. Anggur dan kismis dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit perut, lesu, dan cedera ginjal akut. Tidak diketahui secara pasti apa komponen racunnya, meskipun sebuah teori baru menunjukkan bahwa asam tartarat mungkin merupakan bagian dari anggur yang menyebabkan keracunan pada anjing.

4. Kacang jenis kacang apa pun yang mengandung minyak dan lemak dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan muntah, diare, dan pankreatitis, peradangan pankreas yang berpotensi fatal. Makan kacang macadamia bahkan lebih berbahaya dan dapat menyebabkan kelemahan, depresi, muntah, tremor, dan hipertermia pada anjing.

5. Batang, daun, kulit, biji, dan buah tanaman jeruk mengandung asam sitrat dalam jumlah yang bervariasi. Ini merupakan minyak esensial yang dapat menyebabkan iritasi dan bahkan depresi sistem saraf pusat pada anjing jika tertelan dalam jumlah yang signifikan.

anjing
Jika kamu ingin berbagi makanan dengan anjing piaraan, pilihlah makanan sehat yang aman. (Foto: freepik/freepik)

Untuk meminimalkan risiko di sekitar rumah, jauhkan sampah hingga tidak dapat diakses anjing dan jangan tinggalkan makanan bahkan yang ada di dalam kantong atau tas, berhati-hatilah jangan sampai menjatuhkan makanan saat memasak, dan jangan pernah meninggalkan piring atau gelas tanpa pengawasan di tempat yang dapat diakses oleh hewan peliharaan.

Jika kamu ingin berbagi makanan dengan anjing piaraan, pilihlah makanan sehat yang dapat dinikmati dengan aman seperti baby carrots, kacang hijau, atau semangka. Ingat ya, jangan pernah memberi makanan secara berlebihan.(aru)

BACA JUGA:

Cara Tingkatkan Imun Anjing Peliharaanmu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Foto Selfie NFT Ghozali Everyday Viral, Warganet Riuh
Hiburan & Gaya Hidup
Foto Selfie NFT Ghozali Everyday Viral, Warganet Riuh

Foto selfie Ghozali Everyday dijual hingga Rp 3 triliun.

Jim Carrey Siap Pensiun dari Dunia Akting
ShowBiz
Jim Carrey Siap Pensiun dari Dunia Akting

Ingin pensiun usai sekuel 'Sonic the Hedgehog 2'.

Kendaraan Listrik Makin Berkembang di 2022
Fun
Kendaraan Listrik Makin Berkembang di 2022

Prediksi tren mobil listrik di 2022.

Makna Tersirat dalam Lagu Love Game
ShowBiz
Makna Tersirat dalam Lagu Love Game

Lagu tersebut terinspirasi dari kisah orang terdekatnya yang sulit menemukan orang yang tepat sebagai pasangan hidup.

Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri
Fun
Bergerak dan Terbang Meraih Mimpi untuk Perkembangan Diri

Setiap hari adalah kesempatan untuk meningkatkan diri.

Mengenal Lebih Jauh 3-Day Military Diet
Fun
Mengenal Lebih Jauh 3-Day Military Diet

Diet ekstrem yang bisa turunkan berat badan sampai 4,5 Kg seminggu.

Menjadi Orangtua yang Baik di Era Media Sosial
Fun
Menjadi Orangtua yang Baik di Era Media Sosial

Jalan keluar bagi orangtua yang mencari cara lebih baik untuk menavigasi dunia penggunaan media sosial remaja.

Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK
Fun
Cara Mengolah Daging Agar Tidak Terpapar Virus PMK

Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 menjelaskan ciri hewan yang sah dijadikan sebagai hewan kurban.

6 Hal Penting Bumil Wajib Tahu
Hiburan & Gaya Hidup
6 Hal Penting Bumil Wajib Tahu

Demi melahirkan anak yang sehat.

Angelina Jolie Sampaikan Dukungan untuk Ukraina
ShowBiz
Angelina Jolie Sampaikan Dukungan untuk Ukraina

Akan bekerja sama dengan badan pengungsian PBB (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) untuk memberikan perlindungan kepada para korban perang.