Waspada! Lakukan ini Sebelum Pergi Liburan Tinggalkan rumah dengan nyaman butuh persiapan. (Foto: Pexels/Pixabay)

AKHIRNYA liburan akhir tahun tiba juga. Sejenak melupakan pekerjaan berat dengan liburan ke luar kota atau luar negeri memang pilihan tepat. Apalagi jika kamu mendapatkan bonus akhir tahun yang lumayan besar. Rasanya bahagia sekali bisa menjernihkan pikiran walau hanya dalam waktu singkat.

Melansir dari blog.esurance.com, sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu tidak hanya wajib packing keperluan selama liburan. Rumah yang akan ditinggalkan selama beberapa waktu juga harus diperhatikan. Jangan sampai setelah kamu pulang liburan malah harus membereskan rumah atau membetulkan genting yang rusak. Capek deh!

Baca Juga:

4 Sajian Khas Nusantara yang Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

1. Bebersih

rumah
Bersihkan rumah terlebih dahulu. (Foto: Pixabay/stevepb)


Jangan pernah meninggalkan rumah dalam keadaan kotor. Mau tidak mau beberapa hari sebelum berangkat, kamu wajib membersihkan setiap inci rumah agar terbebas dari debu dan kotoran. Tujuannya agar kamu tidak perlu membereskan rumah ketika baru pulang liburan. Kamu bisa langsung istirahat setelah menempuh perjalanan jauh yang melelahkan.

2. Baking soda dan cuka

baking soda
Tuangkan baking soda di saluran-saluran pembuangan air. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Ini dia yang sering dilewatkan oleh banyak orang. Saluran air baik di dapur maupun di kamar mandi sudah pasti dipenuhi kotoran. Ketika kamu tinggalkan sejenak, kotoran tersebut akan mengeras dan mengeluarkan bau tak sedap. Tuangkan baking soda dan cuka ke setiap saluran air di dalam rumah agar semua kotoran luruh.

Baca Juga:

Jadwal Libur Panjang di Tahun 2020

3. Listrik dan air

listrik
Cabut semua akses listrik. (Foto: Pixabay/ColiN00B)


Sebelum keluar rumah, kamu wajib mencabut semua akses listrik dan matikan sumber listrik di rumah. Listrik yang lupa dimatikan bisa membuat tagihan listrik super mahal. Tak jarang terjadi kebakaran karena listrik tetap nyala ketika pemilik rumah pergi selama beberapa hari.


4. Asuransi rumah

asuransi
Bila memungkinkan belilah asuransi rumah. (Foto: Unsplash/Piotr Chrobot)


Sebaiknya kamu mulai memikirkan asuransi rumah. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kamu mungkin sudah menyiapkan segala sesuatu untuk menghindari kejadian buruk terhadap rumah. Tetapi yang namanya malang tak pernah datang dengan rencana. Asuransi rumah akan meringankan biaya kerusakan sehingga kamu tidak perlu deg-deg-an memikirkan kondisi rumah selama liburan. (mar)


Baca Juga:

Manis dan Hangat Tradisi Minum Teh Khas Nusantara



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH