Parenting
Masuk Kategori Normal, Berat Badan Anak Tetap Harus Dipantau Kenaikan berat badan tidak adekuat meskipun ideal (Sumber: Pexels/Alex Green)

BERAT badan anak selalu menjadi fokus utama para ibu. Segala macam cara dilakukan supaya anak mencapai berat badan optimal. Mulai dari memberi makanan pendamping ASI tinggi kalori hingga melakukan screening kesehatan anak. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, ada sejumlah masalah kesehatan anak yang sering terjadi sehingga menjadi fokus utama untuk ditangani.

Separuh dari masalah kesehatan anak itu berkaitan dengan berat badan stagnan pada anak. "Fokus utama yang membutuhkan penanganan serius selama lima tahun terakhir adalah Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), gizi buruk atau malanutrisi dan penyakit menular untuk anak di bawah 5 tahun, seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), pneumonia, TB paru, dan diare,” urai dr Melisa Lilisari, SpA, MKes, spesialis anak di Klinik Bamed Bintaro.

BACA JUGA:

Liburan Akhir Tahun di Rumah Juga Asyik Kok

Lebih lanjut Melisa menyebutkan aspek penting yang harus diperhatikan untuk mengetahui ada tidaknya masalah dalam tumbuh kembang anak adalah aspek pertumbuhan (pertambahan ukuran) dan aspek perkembangan.

Aspek pertumbuhan merupakan aspek fisik, yang meliputi angka seperti berat badan anak, tinggi badan anak, dan lingkar kepala anak. "Hal ini perlu dipantau setiap bulan terutama pada 2 tahun pertama untuk mendeteksi adanya gangguan pertumbuhan yang menandakan adanya permasalahan nutrisi sedini mungkin atau tidak," jelasnya. Apabila terdeteksi sejak dini permasalahan dapat dilakukan intervensi.

aNAK
Gerakan Tutup Mulut wajar pada anak (Sumber: Pexels/Alex Green)

Cara mengetahuinya adalah dengan memasukkan angka berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala padagrafik pertumbuhan sesuai usia dan jenis kelamin. Sementara aspek perkembangan berkaitan denganpeningkatan kemampuan atau kepintaran seorang anak yang dapat dikorelasikan dengan penilaian terhadapmaturitas fungsi organ atau kualitas organ anak. "Ada empat komponen yang harus dinilai apakah anak berkembang sesuai dengan tahapan pencapaian anak seusianya dengan penilaian: motorik kasar, motorik halus,kemampuan komunikasi atau berbicara, sosial dan kemandirian,” papar Melissa.

Untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai atau tidak dengan anak seumurannya dan untukmendeteksi secara dini adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan, sudah pasti akan dilakukan olehdokter spesialis anak ketika kunjungan biasa atau kunjungan vaksinasi. Jika tidak memungkinkan, orangtua juga dapat membantu memantau tumbuh kembang dengan memasukkan penilaian ke dalam aplikasi resmi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, Primaku yang dapat didownload secara bebas.

Dengan cara itu, orangtua dapat memastikan apakah pertumbuhan dan perkembangan anaknya sudah baik atau belum. Pemberian nutrisi yang baik untuk anak juga harus diberikan pada masa pertumbuhan. "Pada prinsipnya nutrisi anak yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah komponen makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan komponen mikronutrien (berbagai jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam sayur dan buah yang beragam),” jelasnya.

Berat badan anak
Kandungan mikronutrien pada sayuran (Sumber: Pexels/Alex Green)

Satu hal yang membuat para orang tua dilema terkait berat badan anaknya adalah ketika berat badan anak masuk kurva hijau tetapi berat badannya cenderung stagnan atau bahkan turun dibandingkan bulan sebelumnya. Apakah sudah harus mendapatkan intervensi atau bersikap tenang?

"Itu artinya, kenaikan berat badan tidak adekuat sehingga kenaikan berat badannya tidak optimal lagi. Meskipun masih garis hijau kalau berat tidak optimal masuk kategori weight faltering," ucapnya.
Dirinya menyarankan perlu ada intervensi pada anak-anak yang kenaikan berat badannya tidak optimal. "Penyerapan nutrisi selama ini tidak optimal sehingga pertumbuhan juga tidak optimal. Jika dibiarkan nanti kurvanya akan datar dan justru menuju garis oranye," tukasnya.
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Lagu Indo Paling Romantis Era 90-an, Buat Gaet Gebetan
ShowBiz
Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya
Fun
Selamat Tinggal Jerawat dan Bekasnya

Merawat kulit agar tidak jerawatan amat mudah.

Video TikTok jadi 180 detik
Fun
Video TikTok jadi 180 detik

Demi memanjakan kreatornya, durasinya diperpanjang sampai 180 detik.

Menginap bersama 1 Juta Lebah, Berani Coba?
Travel
Menginap bersama 1 Juta Lebah, Berani Coba?

Sebuah perusahaan peternakan lebah membuat penginapan yang dihuni oleh lebih dari 1 juta lebah.

Akal-Akalan 'Nembak' Cewek Auto Diterima Saat Malam Tahun Baru
Hiburan & Gaya Hidup
Akal-Akalan 'Nembak' Cewek Auto Diterima Saat Malam Tahun Baru

Sebelum kamu menyatakan cinta pada sang pujaan hati di malam tahun baru, perhatikan dulu beberapa tips yang membuat kesempatanmu untuk diterima sangat besar

Tak Perlu Dehumidifier untuk Mengurangi Kelembapan dalam Rumah
Home Lifestyle
Tak Perlu Dehumidifier untuk Mengurangi Kelembapan dalam Rumah

Beberapa cara ini dapat mengurangi kelembapan dalam rumah.

5 Laptop Gaming MSI dengan Prosesor Intel 12 Terbaru
Fun
5 Laptop Gaming MSI dengan Prosesor Intel 12 Terbaru

Daftar laptop gaming MSI berprosesor Intel 12 terbaru di Indonesia.

Keuangan Digital Hadirkan Business Solution untuk UMKM dan Korporasi
Fun
Keuangan Digital Hadirkan Business Solution untuk UMKM dan Korporasi

Solusi bisnis terbaik untuk korporasi dan UMKM.

Rahasia Bob Ross Diungkap di Film Dokumenter Terbaru Netflix
ShowBiz
Rahasia Bob Ross Diungkap di Film Dokumenter Terbaru Netflix

Netflix angkat rahasia Bob Ross dalam film dokumenter terbaru/

Makan Sehat Enggak Harus Mahal
Fun
Makan Sehat Enggak Harus Mahal

Jangan keseringan beli makanan yang sudah diproses