Waspada Kejahatan Card Skimming Card Skimming jadi cara penjahat mengeruk uang (Foto: Pixabay/Peggy_Marco)

DI era serba modern ini, kehidupan manusia sangat dimudahkan. Peranan teknologi memberi banyak sekali keuntungan. Banyak orang memanfaatkan teknologi secara benar untuk tujuan yang baik. Namun yang menyedihkan, tidak sedikit orang memakan teknologi untuk tujuan jahat.

Beberapa tahun ke belakang marak terjadi kejahatan yang mengincar nasabah bank sebagai makanan empuk. Kejahatan ini bukan lagi dilakukan dengan cara yang kuno. Mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencuri uang nasabah bank tanpa meninggalkan jejak.

Baca juga:

Hobi yang Bisa Dilakukan Oleh Orang Super Kaya

Pelaku kejahatan card skimming akan menempelkan mesin pencuri data (Foto: maybank)
Pelaku kejahatan card skimming akan menempelkan mesin pencuri data (Foto: maybank)

Kejahatan tersebut bernama card skimming. Mereka akan pencurian data kartu debit atau kartu kredit menggunakan sebuah mesin yang ditempelkan di mesin ATM. Data kartu milik nasabah akan dicuri dan digandakan, tak lama setelah kartu ATM terbaca oleh mesin tersebut.

Penjahat bisa memakai data kartu debit si korban untuk menguras uang yang ada di dalamnya, meski si korban menyimpan kartu debit aslinya dengan aman. Hal ini dikarenakan data yang ada di kartu nasabah telah diketahui oleh si penjahat.

Baca juga:

Mau iPhone? Gampang!

Modus kejahatan ini biasanya dilakukan lebih dari satu orang. Masing-masing memiliki peranan berbeda. Seseorang akan bertugas untuk memasang mesin pencurinya, dan yang lain berperan untuk mengalihkan perhatian si korban. Si penjahat berusaha mengarahkan si korban mengambil uang di mesin ATM terkait.

Kejahatan card skimming mengincar nasabah bank (Foto: Pixabay/jarmoluk)
Kejahatan card skimming mengincar nasabah bank (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Agar kejahatan canggih ini tidak menimpa kamu, sebenarnya kamu hanya butuh melakukan satu langkah sederhana. Carilah lokasi ATM yang aman. ATM yang berada di kantor cabang dari bank terkait, dianggap yang paling aman karena selalu berada dalam jangkauan pengawasan secara rutin. Langkah pencegahan ini dipercaya mampu meminimalisir resiko kamu menjadi korban.

Jika kamu menjadi korban kejahatan card skimming, langsung lapor ke bank terkait. Bagi pihak bank, modus operandi ini sudah tidak asing lagi. Uang milik korban masih bisa dikembalikan dalam waktu 20 hari, asal ditangani secara cepat setelah kejadian. (lgi)

Baca juga:

Latte Factor, si Receh yang Bikin Hidup Boros


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH