Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu 5 tanda media sosial menghancurkan hubunganmu dengan kekasih. (Foto: pixabay.com/rawpixel)

PACAR kamu berparas cantik dan punya jutaan pengikut di media sosial, kalian terlihat bahagia dan harmonis di video dan foto Instagram, serta rajin mengunggah foto makan malam romantis berdua di restoran kekinian. Dilabelkan sebagai #RelationshipGoals, apakah kamu merasa nyaman dengan star-syndrome pasanganmu?

Terobsesi pada media sosial ternyata bisa mengubah dinamika yang terjadi antar kamu dan pasangan. Dilansir dari sea.askmen.com, berikut tanda-tanda jika media sosial telah mengganggu hubungan kalian!

1. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya berbicara dengan orang tidak dikenal

Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu
Penggunaan media sosial berlebihan bisa mengubah dinamikamu dengan pacar. (Foto: pixabay/rawppixel)

Menurut ahli hubungan percintaan dan juga sebagai penulis buku The Love Fix, Dr. Tara Fields, mengatakan bahwa jika pasanganmu sering mengobrol via online dengan seseorang yang belum pernah ditemuinya di kehidupan nyata, namun diam saja dan kehabisan topik jika ia sedang bersamamu.

Maka hubungan kalian sedang berada dalam masalah besar, apalagi jika kerjaannya hanya menunduk melihat ponselnya ketimbang menikmati momen dan kehadiranmu sebagai pasangannya.

Dr. Fields juga mengatakan bahwa kehidupan media sosial dapat mengurangi keintiman dan menggeser makna intim itu sendiri.

Jika kalian telah menilai makna "keintiman" itu sendiri berdasarkan unggahan foto kalian di media sosial, maka kalian telah membangun keintiman palsu, dan kehilangan keintiman otentik yang sesungguhnya.

2. Dia menyuruhmu untuk mengecek postingan media sosialnya ketika kamu bertanya tentang bagaimana harinya

Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu
Dia sering berbincang dengan orang yang belum pernah ditemuinya di dunia nyata. (Foto pixabay/vojta_kucer)

Ketika kalian sedang berpacaran dan kamu bertanya mengenai kegiatannya hari itu, kemudian dia menyuruhmu untuk cek media sosialnya, maka hubungan kalian sudah menjadi sangat tidak sehat akibat kehadiran media sosial.

Media sosial tidak seharusnya menjadi bahan pengganti percakapan, tidak peduli seberapa kecil masalah yang dibahas.

Kalian terancam akan kehilangan kekuatan koneksi jika kamu diharuskan untuk mengecek media sosialnya untuk mengetahui kabar terbaru dari kehidupannya ketimbang mendengarkan ceritanya secara langsung.

3. Komunikasi tatap muka kalian semakin berkurang

Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu
Hati-hati jika kehidupan tanpa media sosial kalian mulai terasa canggung. (Foto: pixabay/pavel-jurca)

Suatu hubungan percintaan bisa semakin memudar jika gadget membatasi kalian. Dr. Fields menjelaskan bahwa ketika kita semakin kecanduan media sosial, dan hormon endorfinmu (hormon yang membuat kamu merasa senang) semakin tinggi ketika melihat banyak respon seperti like dan komentar pada postingan-mu. Maka media sosial akan semakin meningkatkan candu dan bisa merusak kemampuan berkomunikasi otentik dengan seseoranng yang nyata.

4. Ketika dia lebih mementingkan media sosial daripada perasaanmu

Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu
Jangan biarkan kehadiran media sosial malah menjauhkan hubungan di realita. (Foto: pixabay/geralt)

Ketika kalian bertengkar, ia menghapus segalanya tentangmu di media sosialnya, dilengkapi dengan instastory berlatar belakang hitam, dengan latar suara lagu galau serta diselipkan kata-kata mutiara yang menunjukkan kesedihan.

Kamu merasa pertengkaran kalian tidak perlu diumbar-umbar, dan menyuruhnya untuk berhenti cari perhatian orang lain yang bisa semakin mericuhkan permasalahan kalian.

Kamu merasa media sosial telah mengubah pasanganmu menjadi orang yang penuh dengan bualan, dan tentunya itu memberikan dampak buruk bagi dirinya, namun dia membantah dan tidak mendengarkanmu.

Psikoterapis dan pakar kesehatan, Dr. Karen Ruskin, menjelaskan bahwa jika pasanganmu tidak terbuka dan tidak ingin menerima masukan, dengan kata lain dia juga tidak perduli tentang apa yang kamu rasakan. Bagaimana kamu bisa menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak memperdulikan apa yang kamu rasakan?

5. Adanya kejanggalan ketika kalian sedang tidak bermain media sosial

Waspada, Ini 5 Tanda Media Sosial Membunuh Hubungan Asmaramu
Apakah kalian merasa janggal ketika perpacaran tanpa memegang gadget (Foto: pixabay/edar)

Jika kalian berdua mencoba untuk berhenti bermain media sosial, apakah yang kira-kira akan terjadi? Karena terbiasa dengan media sosial setiap hari, tentunya hal ini akan menjadi hal yang sulit untuk kalian berdua.

Namun, jika pacarmu terasa lebih sensitif, gelisah, dan mudah tersinggung, ini merupakan tanda dia sudah benar-benar tidak bisa hidup tanpa media sosial.

Ketika kalian mendapatkan momen untuk semakin berdekatan di kehidupan nyata, tapi akhirnya malah semua terasa canggung dan kehabisan topik, maka kalian berdua sudah harus membatasi penggunaan media sosial yang sudah semakin merusak hubungan keintiman kalian. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH