Waspada, Ini Tanda Kleptomania yang Mungkin Aja Ada di Diri Lo Kleptomaniak sulit menghindari dorongan mencuri. (Foto: acnr.co.uk)

KASUS pencurian koper di Bandara Soekarno-Hatta oleh remaja usia 16 tahun bikin riuh media sosial. Makin ramai karena pencurian dilakukan bukan karena masalah kesulitan finansial. Tetapi akibat ia menderita kleptomania.

Ia mencuri karena terobsesi bentuk koper. Rupanya ia mengambil koper tanpa izin untuk koleksi. Sebelum menjulukinya pencuri, kamu sebaiknya berpikir dua kali.

Orang-orang seperti ini ialah kleptomaniak. Istilah kleptomaniak berasal dari dua kata, klepto dan maniak. Artinya, orang yang menderita kelainan jiwa berupa keinginan mencuri yang tidak dapat ditahan-tahan.

Kleptomania dapat menyerang siapa pun. Baik anak-anak maupun lansia. Pernah terpikir untuk mengutil di minimarket, rumah teman atau mencoba mengambil barang milik orang? Coba cek 5 karakteristik kleptomaniak berikut ini. Jangan-jangan kamu punya gejala kleptomania.

Kleptomania
Kleptomaniak tidak kuasa menahan dorongan mencuri demi kepuasan. (Foto: Pixabay/Ganossi)

Barang curian tidak bernilai

Pencuri biasanya mengincar barang-barang mahal agar mereka bisa mendapatkan banyak uang dari hasil penjualan barang-barang tersebut. Sementara seorang kleptomaniak mengambil barang yang sebenarnya mampu mereka beli.

Lucunya, barang curian itu kadang tidak bernilai atau berguna sama sekali.

Puas

Psikolog dari American Psychiatric Association’s memaparkan kalau penderita kleptomania biasanya mendapat sensasi ketika mencuri. Puas dan senang karena berhasil mengambil barang orang lain.


Merasa buruk

Walaupun merasa puas, kleptomaniak juga bakal merasa buruk sesudah mencuri. Namun, dorongan untuk menghilangkan kebiasaan mengambil barang diam-diam tetap sulit dikendalikan. Sulit bagi penderita kleptomania untuk merasa kapok.

Satu-satunya masalah

Ketika dorongan mengambil barang orang lain secara diam-diam amat tinggi, tidak ada isu mental lain yang dapat disalahkan. Satu-satunya penyebab sudah pasti kleptomania.

Alasan

Ini juga unik. Alasan kleptomaniak mencuri bukan karena marah, halusinasi, delusi atau balas dendam. Tetapi lebih pada kenikmatan yang ia dapatkan saat mengambil barang orang lain diam-diam.

Keinginan mencuri pada pengidap kleptomania kadang timbul dan hilang. Perempuan lebih banyak menjadi kleptomaniak ketimbang laki-laki. Selain kleptomania, penderita juga biasanya memiliki gangguan kejiwaan lain seperti depresi dan gangguan pola makan.

Coba cek, apakah kamu memiliki tanda-tanda tersebut? Kalau ya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog. (Rin)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH