Waspada! 6 Hal yang Dekat dengan Kita Ini Bisa Menjadi Penyebab Serangan Asma Asma (Sumber: Medical News Today)

ASMA disebabkan karena adanya inflamasi di paru-paru. Penyakit ini bersifat permanen namun periodik. Biasanya, asma menyerang jika kamu kontak langsung dengan penyebab asma. Ada tujuh hal yang umumnya menjadi pemicu timbulnya asma. Berikut hal-hal pemicu datangnya asma:

1. Tungau Debu

Tungau Debu
Tungau Debu (Sumber: Arizona Allergy and Asthma Specialist)

Tungau debu hampir sering ditemukan di setiap rumah dan merupakan pemicu paling umum serangan asma. Untuk mencegah serangan asma akibat tungau, selalu ganti sarung bantal dan seprei setiap minggu. Pindahka pula boneka binatang dari kamar tidur.

2. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan
Hewan berbulu (Sumber: Fur Free Alliance)

Hewan peliharaan memang terlihat menggemaskan namun jangan salah. Dibalik wajah lucu mereka tersimpan potensi penyebab asma. Alergi hewan biasanya terjadi jika kamu alergi terhadap protein yang ada di kulit, urin, bulu atau air liur hewan.

Jika kamu peka terhadap protein ini, tahan dirimu untuk menyentuhnya. Jika tidak, tubuh akan melakukan pelepasan sistem kekebalan kimia atau yang disebut histamine dan mengarah ke reaksi alergi.

3. Jamur

Asma
Jamur (Sumber: BioCote)

Kelembaban ruangan dapat meningkatkan pertumbuhan jamur. Jika ruanganmu berbau jamur dan kamu menghirupnya bisa memicu serangan asma.

Gejala yang timbul seperti batuk dan sesak napas. Gunakan ac atau dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembaban agar tetap rendah.

4. Asap Tembakau

Asap tembakau
Asap tembakau (Sumber: Healthline)

Asap tembakau bisa menyebabkan serangan asma. Ini tak hanya menyerang mereka yang merupakan perokok aktif tetapi juga perokok pasif. Udara kotor dari rokok yang dihirup oleh perokok pasif dapat memicu asma. Hindari area merokok.

5. Kecoak

Kecoak
Kecoak (Sumber: Diatomaceous Earth)

Di sudut dapur biasanya kecoak bersarang. Jika dapur rumahmu terdapat kecoak, kamu perlu berhati-hati. Kecoak dan kotorannya dapat memicu serangan asma. Selalu bersihkan dapur dua hingga tiga sekali untuk mengusir kecoak.

6. Polusi Udara

Polusi udara
Polusi Udara (Sumber: The Logical India)

Polusi udara di luar ruangan biasanya berasal dari mobil, asap pabrik, dan lain-lain. Kualitas udara yang buruk di daerahmu bisa menjadi pemicu datangnya asma. Selalu kenakan masker sebelum melangkah keluar dan sebisa mungkin selalu tinggal dalam ruangan. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH